140 GraPARI tersebut, didukung oleh 658 customer service (CS) profesional yang terlatih, di mana para CS dilatih hingga empat kali sebulan, mencakup pengetahuan produk, pembaruan standar layanan, dan peningkatan penampilan melalui seragam standar.
“Para CS ini juga terus di-upgrade pengetahuan mereka, mulai dari baby sitting, sales academy hingga try out. Ini demi menunjang kenyamanan pelanggan dan profesionalitas,” ujar Arief.
Menurutnya, layanan di GraPARI tergolong tinggi. Sesuai data pengunjung GraPARI perbulannya hampir mencapai 150 ribu. Beberapa keluhan yang disampaikan yakni terkait upgrade kartu 3G ke 4G.
Hesti, salah seorang pengguna Telkomsel di Kendari mengaku beberapa kali ke GraPARI, salah satunya untuk mengganti kartu 3G ke 4G.
“Sama sekali tidak antri. Bahkan cepat. Sampaikan keluhan, beberapa menit kartunya sudah diganti ke 4G. Selain itu saya juga pernah tukar poin,” beber Hesti.
Mirip dengan GraPARI, layanan Call Center 118 bahkan lebih banyak diakses oleh pelanggan. Hal ini, kata Arief, karena masih banyak daerah yang belum memiliki GraPARI.
“Untuk pelayanan, ada tiga level yakni pelanggan diamond dengan waktu pelayanan 3-4 jam, platinum 7-12 jam dan gold 1×24 jam. Pelayanan ini disegmentasi dan kecepatannya harus disesuaikan, ada tim tersendiri,” tutur Arief.
Tak hanya Call Center dan GraPARI yang menjadi tempat mengadu bagi pelanggan, juga ada superapp MyTelkomsel yang terus ditingkatkan kemampuannya demi kenyamanan pelanggan yang saat ini sudah serba digital.
Aplikasi MyTelkomsel sudah menjadi pusat layanan digital, termasuk untuk pengajuan keluhan layanan seperti IndiHome. Keberadaan virtual assistant Veronika juga bisa memberikan solusi pertama penanganan masalah pelanggan.
Veronika merupakan Asisten Virtual Telkomsel yang berbasis chatting yang bisa membantu kamu mengetahui tentang berbagai produk dan layanan Telkomsel yang didukung oleh teknologi GenAI by Microsoft Azure OpenAI. Dengan begitu, interaksi dengan Veronika sekarang jadi lebih alami seperti sedang mengobrol dengan manusia. Disini kamu dapat mwngecek pulsa, sisa kuota Internet, tukar Telkomsel poin, beli paket, dan lainnya.
Selain veronika, juga Call Center Internasional, bebas pulsa saat roaming di nomor 628110000333. Silakan pilih salah satu untuk menelepon, atau Anda juga bisa menghubungi layanan pelanggan Telkomsel melalui WhatsApp di 0811-1111-1111.
“Kami akan terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik dan membuat pelanggan happy,” Arief memungkas.
Penulis: Yeni Marinda
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post