“Di Command Digital Center IOH terdapat sistem monitor untuk memantau trafik data, throughput, jumlah pengguna, kondisi BTS, sampai kualitas layanan aplikasi favorit pelanggan baik di jaringan 5G dan 4G selama rangkaian puncak KTT G20. Saat ini sudah ada peningkatan trafik data yang signifikan seiring dengan telah berlangsungnya side event G20 sejak tanggal 11 November lalu. Kualitas jaringan kami pantau ketat selama 24 jam penuh untuk memastikan IOH bisa memberikan marvelous experience bagi pelanggannya,” kata Desmond dalam keterangan persnya yang diterima Redaksi Penasultra.id, Rabu malam 16 November 2022.
Di Digital Command Center inilah, IOH memonitor dan memastikan terjaganya kualitas sinyal serta layanan telekomunikasinya bagi seluruh pelanggan IM3, Tri, dan Travel-On, kartu yang khusus dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para delegasi negara G20 dan turis mancanegara.
Ada pun parameter yang dipantau antara lain kinerja jaringan, trafik data, jumlah pengguna, ketersediaan jaringan, hingga pergerakan personil operasional di lapangan.
IOH juga memperkuat cakupan jaringan 5G dan 4G di sepanjang jalan sekitar Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai hingga ke kawasan Nusa Dua serta tempat-tempat utama acara puncak KTT G20 seperti hotel The Apurva Kempinski, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Media Center di Bali International Convention Centre (BICC), dan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai.
Selain itu, puluhan personel juga disiapkan untuk mengawasi Digital Command Center yang terbagi menjadi tim operasional, performance, tower provider, dan back-office yang senantiasa bersiaga selama 24 jam.
“Digital Command Center didukung oleh sistem dashboard monitoring yang dikembangkan secara khusus untuk mendeteksi potensi terjadinya kendala baik di elemen infrastruktur jaringan maupun di aplikasi favorit pelanggan. Sistem tersebut mampu memprediksi potensi permasalahan jaringan yang akan terjadi dan secara otomatis mengirimkan alert kepada tim teknis terkait untuk melakukan langkah perbaikan proaktif agar pelanggan tetap merasakan pengalaman yang terbaik setiap saat,” Desmond menambahkan.
Discussion about this post