<span style="font-size: 17px;"><strong>PENASULTRA.ID, KENDARI -</strong> PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui Retail Sales Area Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan monitoring ke beberapa </span><span style="font-size: 17px;">Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)</span><span style="font-size: 17px;"> di Kota Kendari, Rabu 20 November 2024.</span> <span style="font-size: 17px;">Monitoring ini selain memastikan kualitas dan kuantitas bahan bakar minyak (BBM) yang dijual di SPBU juga memastikan ketersediaan pasokan, distribusi energi, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat menjelang Natal dan tahun baru 2025.</span> <span style="font-size: 17px;">Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, Dinas ESDM Sultra, Hiswana Migas Sultra melakukan pengecekan ke beberapa SPBU di Kendari, salah satunya di SPBU 74.931.04 Tapak Kuda Kendari.</span> <span style="font-size: 17px;">Sales Area Manager Retail Sultra, Muhammad Faruq mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan untuk memastikan kualitas dan kuantitas BBM yang dijual di SPBU semuanya sesuai dengan sertifikasi.</span> <span style="font-size: 17px;">"Tujuannya adalah pelayanan terbaik kepada konsumen,” kata Faruq.</span> <span style="font-size: 17px;">Dalam pelaksanaan monitoringnya, dilakukan pengecekan yang spesifik. Seperti uji tera, pengujian kontrol kualitas dan kuantitas BBM di SPBU dilakukan dengan pemeriksaan takaran minyak dispenser menggunakan bejana 20 liter.</span> <span style="font-size: 17px;">Kemudian memastikan sertifikat metrologi masih berlaku, serta mengukur density, dan memeriksa apakah tangki timbun terdapat kadar air.</span> <span style="font-size: 17px;">"Lalu memeriksa sumur pantau, serta memastikan seluruh alat pemadam api ringan atau APAR yang tersedia di SPBU masih dapat digunakan atau tidak,” tutur Faruq.</span> <span style="font-size: 17px;">Kabid Perlindungan Konsumen & Tertib Niaga Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, Kemal Jusra mengatakan, pihkanya melakukan pengecekan pada pompa ukur BBM dalam hal ini dispenser Pertalite dengan menggunakan bejana ukur dg metodologi legal.</span> <span style="font-size: 17px;">"Dengan hasil pemeriksaan terlihat mesin masih tersegel dan tidak ada yang rusak, begitu juga sertifikatnya masih aktif. Dispenser aman sesuai dg standar yg seharusnya,” beber Kemal.</span> <span style="font-size: 17px;">Menurutnya, uji tera ini dilakukan setiap tahunnya secara berkala dan berdasarkan laporan masyarakat.</span> <span style="font-size: 17px;">“Kami lakukan uji tera rutin di seluruh SPBU di wilayah Kendari dan sekitarnya, dan apabila terdapat konsumen yang merasa dirugikan mengenai takaran BBM yang kurang, maka kami akan segera merespon dan jika diperlukan akan kami tera ulang mesin dispenser SPBUnya,” Kemal menambahkan.</span> <span style="font-size: 17px;">Terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, uji tera yang dilakukan di wilayah Regional Sulawesi adalah untuk memastikan keakuratan alat ukur BBM menggunakan alat yang sudah tersertifikasi. </span> <span style="font-size: 17px;">Uji tera dilakukan minimal sekali setahun bersama dengan dinas terkait dan selama periode tersebut Pertamina juga rutin melakukan pengecekan mengenai kualitas dan kuantitas BBM, serta memastikan apakah terdapat alat tambahan untuk merubah takaran ataupun tidak," ungkapnya.</span> <span style="font-size: 17px;">“Pertamina juga memastikan pelayanan terbaik bagi konsumen khususnya dalam masa jelang Natal dan tahun baru nanti, yaitu dengan mengamankan stok BBM di Fuel Terminal serta SPBU sehingga konsumen yang melakukan perjalanan mudik, bertemu sanak saudara ataupun yang berwisata merasa tenang, aman dan lancar,” Fahrougi memungkas.</span> <span style="font-size: 17px;">Informasi dan pertanyaan lebih lanjut mengenai program promosi Pertamina dan kegiatan selama masa Natal dan Tahun Baru, masyarakat dapat mengecek sosial media resmi perusahaan di @ptpertaminapatraniaga, @mypertamina, @pertaminasulawesi serta dapat menghubungi layanan pelanggan 24 jam Pertamima Call Center 135.</span> <strong><span style="font-size: 17px;">Penulis: Yeni Marinda</span></strong><!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/clipdata/clipdata_bodytext_241120_185040_955.sdocx--> <strong>Jangan lewatkan video populer:</strong> https://youtu.be/4XFgV1KinK0
Discussion about this post