PENASULTRAID, JAKARTA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menggelar Familiarization Trip (FAM Trip) bagi Key Opinion Leader (KOL) yang berasal dari India, untuk memperkenalkan dan mempromosikan Bali Utara, Bali Timur, dan Lombok.
Upaya tersebut tak lain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari Asia Selatan khususnya India ke Indonesia.
Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi Kemenpar dengan MakeMyTrip yang merupakan salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di India dalam rangka mempromosikan destinasi Bali and Beyond.
Menurut dia, FAM Trip dengan MakeMyTrip ini menjadi investasi jangka panjang dalam upaya membangun pariwisata yang kompetitif secara global. Dengan menjadikan Indonesia sebagai destinasi pilihan wisatawan India, salah satu pasar outbound terbesar dunia, maka program ini akan membantu memperkuat sektor pariwisata sebagai penggerak utama perekonomian nasional.
“Hal ini sejalan dengan target Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara maju, di mana sektor pariwisata berperan penting dalam diversifikasi ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan penguatan citra positif Indonesia di dunia internasional,” kata Menpar Widiyanti dalam keterangannya, Selasa 10 Desember 2024.
Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini menyebut FAM Trip dilaksanakan pada 4-11 Desember 2024 di Lombok dan Bali.
Peserta yang berpartisipasi terdiri dari 4 KOL dari India, yaitu Bhavini Nareshkumar Purohit (IG @purohitbhavini), dan Dhaval Praskah Dave (IG @dhavalmavreck) yang merupakan couple KOL, serta Anvit Oberoi (IG @anvitoberoi), dan Srishti Mehta (IG @pahadan_____) yang merupakan millennials KOL.
Pelaksanaan FAM Trip KOL ini difokuskan untuk menjaring segmentasi honeymooners dan millenials dari India yang jumlahnya cukup besar. Selain itu, FAM Trip kali ini juga mempunyai misi memperkenalkan atraksi dan destinasi baru di Bali Utara, Bali Timur, dan Lombok.
Made mengatakan, Bali selatan sudah menjadi destinasi yang sangat dikenal oleh wisatawan mancanegara khususnya India. Melalui FAM Trip ini pihaknya ingin mengenalkan Bali Utara dan Bali Timur yang tidak kalah menawan.
“Selain Bali, kami ingin memperkenalkan juga destinasi Lombok yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Mereka bisa menambahkan Lombok dalam perjalanan wisatanya, karena jaraknya sangat dekat dengan Bali, hanya membutuhkan 45 menit menggunakan pesawat,” papar Made.
Pelaksanaan FAM Trip kali ini didukung oleh berbagai pemangku kepentingan industri pariwisata Indonesia, yaitu A&T Holidays, Tria Uma Wisata Tours & Travel, Luxury Bali Tours, The Kayana Beach Lombok, The Westin Resort & SPA Ubud, W Bali Seminyak, dan Plataran Indonesia.
Discussion about this post