“Event-event tersebut sudah terkurasi dari total 252 event yang diusulkan oleh pemerintah daerah,” kata Komang.
Penyelenggaraan KEN 2024 diharapkan menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu khususnya untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.
“Karenanya kami mendorong agar pemerintah daerah dapat memetakan media sosial untuk memaksimalkan promosi secara digital agar cakupannya (promosi) lebih luas. Sehingga event-event ini menjadi daya tarik wisata sehingga kunjungan wisatawan benar-benar tertuju ke event-event ini,” ujar Komang.
Sementara itu, Ketua Pokja Strategi Promosi Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Eni Komiarti, mengungkapkan pada tahun 2023 secara keseluruhan program KEN memberikan dampak positif terhadap pergerakan pariwisata dan ekonomi kreatif. Total pergerakan wisatawan selama KEN 2023 sebesar 7,4 juta dengan melibatkan 11 ribu pelaku UMKM, 140 ribu pelaku seni, dan menyerap 36 ribu tenaga kerja.
“KEN 2023 juga melibatkan 800 asosiasi dan komunitas. Selain itu juga memberikan kontribusi sebesar Rp199,3 miliar untuk PDB dan perputaran uang yang ada di KEN 2023 mencapai Rp12,42 triliun,” ujar Eni.
Discussion about this post