Ia melihat peluang untuk membawa Intresse ke level berikutnya melalui kekuatan teknologi dan digitalisasi, sesuatu yang ia nilai krusial agar brand lokal bisa bersaing di era modern.
Meski mengakui dirinya bukan ahli digital marketing, Susanne justru menjadikan keterbatasan itu sebagai alasan untuk terus belajar dan berkembang. Dengan semangat tinggi, ia membentuk tim digital khusus dan mulai menjelajahi ekosistem digital secara lebih dalam.
Langkah besar pertama yang ia ambil adalah membuka toko resmi Intresse di berbagai platform e-commerce, termasuk Shopee Mall, yang secara efektif memperluas jangkauan dan pangsa pasar Intresse ke taraf nasional.
“Produk kami bisa terjual dari Aceh sampai Papua. Platform Shopee ibarat etalase raksasa di genggaman tiap orang. Melalui Shopee, kami bisa hadir di kota-kota yang bahkan belum pernah kami kunjungi secara fisik,” terang Susanne.
Sebagai bagian dari generasi digital-native, Susanne tak hanya memanfaatkan kehadiran di e-commerce sebagai etalase pasif. Ia aktif mengeksplorasi berbagai fitur interaktif Shopee untuk mendekatkan brand Intresse dengan konsumen, salah satunya melalui Shopee Live.
Platform live streaming ini memberikan ruang bagi Intresse untuk berinteraksi secara real-time, memperkenalkan keunggulan produk secara langsung, dan menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih personal.
Dari segi bisnis, dampak dari fitur live streaming juga terlihat nyata, di momen besar seperti Ramadan tahun ini, peningkatan penjualan Intresse melalui Shopee Live bisa mencapai 4 kali lipat. Susanne bahkan kerap tampil sendiri dalam sesi Shopee Live, menyapa penonton seperti tamu di butik, sambil mendemonstrasikan cara memadupadankan koleksi terbaru.
Menurut Susanne, interaksi hangat semacam ini berhasil membangun kedekatan dengan pelanggan serta meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap produk Intresse.
Selain fitur Shopee Live, Susanne menjelaskan bahwa pihaknya juga mengombinasikan strategi digital dengan memanfaatkan program Shopee Affiliate. Program ini melibatkan para kreator konten dan influencer untuk mempromosikan produk Intresse melalui tautan afiliasi unik.
“Bagi Intresse, strategi affiliate marketing sangat efektif untuk memperluas eksposur, khususnya ke segmen pasar yang lebih muda di media sosial, tanpa harus mengeluarkan biaya besar seperti iklan konvensional. Kami sangat senang karena melalui program Shopee Affiliate, kami bisa lebih banyak berkolaborasi dengan kreator lokal. Menurut kami, mereka mampu menceritakan kisah Intresse dengan cara yang autentik dan menarik minat komunitasnya,” ujar Susanne.
Pada penghujung 2025 mendatang, Intresse akan merayakan 25 tahun perjalanannya berkecimpung dalam industri fashion tanah air. Susanne membocorkan rencana besar Intresse dalam merayakan 25 tahun perjalanan brand ini.
Koleksi spesial yang akan dirilis mengambil tema Noesantara, dengan fokus yang lebih mendalam pada kekayaan motif dan tradisi etnik Indonesia. Melalui tema ini, Intresse berharap dapat menjadikan budaya Indonesia jiwa dan dasar dari setiap desain mereka.
Koleksi tersebut pun disebutnya diluncurkan sebagai bentuk penghormatan sekaligus pembuktian kematangan Intresse setelah seperempat abad berkarya.
“Produksinya akan lebih terstruktur dan kualitasnya juga kami tingkatkan, sehingga hasilnya tentu akan lebih berkelas dibanding koleksi-koleksi sebelumnya. Selain merayakan eksistensi Intresse, melalui koleksi ini kami juga ingin menunjukkan kepercayaan kami terhadap potensi besar yang dimiliki oleh brand lokal untuk tumbuh dan bersaing secara sehat, terutama jika berani beradaptasi dengan teknologi dan tetap setia pada identitasnya. Semoga perjalanan Intresse bisa menjadi inspirasi bahwa dengan konsistensi, kreativitas, dan kemauan belajar, kita bisa membawa karya Indonesia ke panggung yang lebih luas,” pungkas Susanne.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post