PENASULTRAID, JAKARTA – Merawat diri kini bukan lagi kewajiban, tapi bagian dari me-time yang dinikmati setiap hari. Dari rutinitas mandi hingga mencuci rambut, banyak orang mulai menyadari bahwa merawat diri bisa jadi momen relaksasi yang ampuh mengusir stres dan menyegarkan semangat di pagi hari.
Tak heran, pengalaman mencuci rambut dengan produk berkualitas tinggi kini semakin dicari, bukan hanya untuk hasil yang maksimal, tapi juga demi sensasi menyenangkan yang jadi awal sempurna memulai hari.
Bagi David, Founder Hairum, bisnis bukan sekadar soal menjual produk atau mengejar keuntungan. Lebih dari itu, ini adalah tentang membawa makna dalam keseharian. Hairum lahir pada 2022 dari keresahan sederhana: rambut lepek yang sering kali mengganggu rasa percaya diri.
Berangkat dari situ, Hairum hadir sebagai brand perawatan rambut lokal yang mengusung semangat Rediscover Confidence, yakni memberikan pengalaman keramas yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bermakna dan mampu mengembalikan kepercayaan diri setiap hari.
“Banyak orang merasa minder hanya karena hal-hal sepele seperti bau rambut. Saya ingin menciptakan sesuatu yang bisa mengubah itu. Bukan hanya sekadar bersih, tapi membuat orang merasa siap menghadapi hari,” ujar David dalam keterangannya, Rabu 21 Mei 2025.
Hairum tidak hadir sebagai solusi instan untuk masalah rambut, melainkan sebagai teman dalam perjalanan mencintai diri sendiri. Lewat varian andalannya, Rose & Musk Shampoo, Hairum menawarkan pengalaman keramas yang elegan dan menenangkan, dengan aroma khas yang menjadi ciri.
Produk ini telah mencuri hati puluhan ribu pelanggan di seluruh Indonesia dan menjelma menjadi ikon kecantikan lokal yang terus tumbuh.
Merintis bisnis di usia muda tentu penuh lika-liku. David memulai Hairum di usia 22 tahun bersama sang kakak, berbekal modal terbatas namun didorong semangat yang besar.
Mereka harus menghadapi berbagai tantangan, mulai dari salah kirim barang, ditipu, hingga mengalami burnout. Namun di tengah semua kesulitan, satu hal yang selalu David pegang teguh: bisnis yang baik harus membawa nilai, bukan sekadar jualan.
“Kalau kita hanya cari cuan, gampang nyerahnya. Tapi kalau tahu kenapa kita mulai, kita lebih kuat jalaninnya. Untungnya, usaha tidak menghianati hasil, Hairum kini berhasil berkembang dan digunakan banyak orang mulai dari tahun 2022 sejak Hairum pertama kali bergabung bersama Shopee. Bahkan kini, Hairum menjadi salah satu penjual di kategori Kecantikan dengan penjualan tinggi di Shopee dan sukses meraih total penjualan mencapai puluhan ribu produk,” tambah David.
Berdayakan Mitra Lokal
David menjelaskan bahwa seluruh produk Hairum diproduksi secara lokal, mulai dari menjalin kemitraan, proses produksi di pabrik, hingga tahap pengemasan akhir. Komitmen penuh terhadap produksi lokal ini membuat Hairum layak menyandang predikat sebagai brand lokal dengan kualitas tinggi.
Tak hanya itu, seluruh produk Hairum diformulasikan tanpa Sodium Lauryl Sulfate (SLS), Paraben, maupun Silicon. Hairum memastikan setiap helai rambut dapat terjaga kesehatannya, terhindar dari iritasi, serta tetap lembut dan mudah diatur.
Produk-produk Hairum pun cocok untuk semua jenis rambut, termasuk yang sensitif karena bahan-bahannya yang alami dan ramah lingkungan.
“Dengan menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, kami mencoba mengajak pengguna untuk tidak hanya merawat diri mereka sendiri, tetapi juga menjaga bumi dengan memilih produk yang ramah lingkungan. Selain itu, jika berbicara soal keterlibatan masyarakat sekitar, kami percaya bahwa pertumbuhan terbaik adalah yang dilakukan bersama,” bebernya.
“Hairum sendiri mulai membentuk tim kecil dan melibatkan teman dan kerabat sekitar untuk mendukung produksi konten dan kegiatan lainnya. Harapannya, seiring dengan berkembangnya Hairum, semakin banyak pula orang yang bisa kami libatkan dalam perjalanan ini,” ujar David lagi.
Langkah Hairum bergabung di Shopee menjadi titik balik penting dalam perkembangan brand ini. Beradaptasi dengan era digital, Hairum memilih Shopee sebagai kanal penjualan utama yang kini menyumbang lebih dari 80% total penjualan mereka.
Discussion about this post