“Awalnya hanya coba-coba, tapi hasilnya fantastis. Shopee justru menjadi platform paling berdampak bagi kami. Bahkan, kini saya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi Masyarakat sekitar,” ungkap David.
David mengatakan bahwa fitur-fitur unggulan dari Shopee, seperti Shopee Video dan Shopee Live memberikan dukungan besar bagi Hairum dalam membangun koneksi yang lebih erat dengan konsumen. Melalui berbagai sesi interaktif, Hairum berhasil mendorong keterlibatan audiens sekaligus meningkatkan penjualan secara signifikan.
“Shopee Live dan Shopee Video menjadi fitur yang sangat membantu kami untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Kami bisa memperlihatkan vibe brand kami, mengenalkan varian dan cara penggunaan produk kami, sehingga banyak pembeli yang bisa langsung membeli produk setelah mengikuti live streaming,” ujar David.
Merintis Hairum Lebih Dari Sekadar Sukses
Berbicara soal merintis usaha di usia muda, David mengakui bahwa perasaannya campur aduk. Menjadi seorang entrepreneur bukanlah hal yang semudah mengucapkannya.
Di balik semua pencapaian, ada risiko yang harus dihadapi dan kelelahan yang tak jarang datang menghampiri. Namun, di sisi lain, ia tak memungkiri bahwa pengalaman yang didapatkan justru menjadi hal paling berharga dalam hidupnya.
Alhasil, David mengungkap bahwa pelajaran terbesar yang ia dapatkan dari hal tersebut adalah jangan memulai bisnis hanya untuk mencari untung.
“Jangan jalani bisnis hanya untuk cari cuan. Harus ada value yang kita bisa hadirkan. Ketika kita tahu alasan di balik langkah awal kita, akan lebih mudah untuk bertahan menghadapi proses yang kadang terasa melelahkan,” tegas David.
Bagi David, nilai atau value dalam bisnis adalah fondasi utama yang menentukan arah dan keberlanjutan usaha. Bukan hanya untuk membedakan produk di tengah pasar yang kompetitif, tapi juga untuk membangun koneksi yang kuat dengan pelanggan, tim, hingga para pemangku kepentingan.
Saat mendirikan Hairum, nilai yang ingin ia sampaikan jelas: membantu orang menemukan kembali rasa percaya diri mereka.
“Hairum itu soal rasa. Bukan sekadar rambut bersih, tapi perasaan setelahnya, ketika kamu keluar kamar mandi dan ngerasa, ‘gue siap menghadapi hari ini’. Kita nggak jual solusi masalah rambut, namun momen nyaman yang bikin kamu ngerasa lebih percaya diri,” papar David lagi.
David pun menekankan pentingnya menemukan dan mengkomunikasikan nilai tersebut, terutama bagi anak muda yang ingin memulai bisnis. Setelah itu, mulailah dari langkah kecil yang bisa dilakukan sekarang.
“Buat yang mau mulai bisnis, tidak perlu tunggu sampai merasa benar-benar siap. Jalani aja dulu, tidak perlu langsung besar—yang penting konsisten melangkah dan terus belajar,” pungkasnya.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post