Head of Research Jakpat, Aska Primardi mengatakan, data retail 2023 menunjukkan penjualan makeup dan kosmetik mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.
“Walaupun mayoritas pembelian dilakukan secara online via e-commerce, kita tetap perlu memperhatikan pembelian offline via toko kosmetik untuk makeup, dan via minimarket untuk skincare, karena pengalaman membeli secara offline bisa membantu konsumen untuk menilai produknya secara langsung dan mencobanya di kulit/wajah mereka sebelum membelinya. Baru kemudian pada tahap repurchasing bisa dilakukan via online,” ujar Aska.
Mengenai sumber informasi makeup maupun skincare, akun dan iklan media sosial menjadi 2 sumber utama informasi mengenai produk kecantikan. Selain itu, sebagian besar responden mengandalkan Instagram dan TikTok saat mencari referensi produk kecantikan.
Merek apa saja yang masuk 5 besar setiap kategori pada produk makeup dan skincare? Berapa rata-rata pengeluaran yang dihabiskan untuk membeli produk kecantikan? Apa saja pertimbangan mereka dalam membeli produk kecantikan?
Dapatkan hasilnya dengan data mendetail dalam laporan Jakpat “Beauty Trends 2023” pada tautan berikut:
https://blog.jakpat.net/beauty-trends-2023/.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post