PENASULTRA.ID, JAKARTA – Bagi insan ekonomi kreatif (ekraf) Indonesia yang ingin menampilkan pesona produk kreatif dengan kearifan lokal daerah masing-masing, dapat mendaftarkan diri dalam program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang pendaftarannya telah dibuka hingga 7 April 2022.
Kehadiran AKI 2022 merupakan kali kedua, sebelumnya Kemenparekraf telah sukses menyelenggarakan AKI 2021 di 16 kabupaten/kota se Indonesia. Hadirnya kembali program AKI diharapkan akan menjadi ruang aktualisasi dalam peningkatan kapasitas dan pembangunan relasi dengan pelaku ekonomi kreatif lainnya.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam acara Menyapa Kadispar untuk Sosialisasi AKI 2022 secara virtual, menargetkan 10 ribu orang yang akan mendaftar di ajang AKI 2022 dari enam subsektor yaitu kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik, Jakarta, Rabu 23 Maret 2022.
“Tinggal dua pekan lagi sampai 7 April 2022. Ini harus menembus 10 ribu, karena target kita tetapkan dengan begitu banyak permintaan dari pelaku ekraf untuk mengikuti AKI,” kata Sandiaga.
Tercatat sampai dengan hari ini calon peserta yang telah mendaftar mencapai 4.328 orang. Untuk itu, Menparekraf mendorong pemerintah daerah agar lebih banyak lagi pelaku ekonomi kreatif yang berpartisipasi dalam AKI 2022. Sehingga dapat memamerkan produk kreatif dan inovatif terbaik anak bangsa.
Sebab, UMKM membuka hingga 97 persen lapangan kerja dan menggerakkan hampir 65 persen dari ekonomi Indonesia. Sementara, berdasarkan data Focus Economic Outlook 2020, ekonomi kreatif menyumbang lebih dari Rp1.100 triliun terhadap PDB Indonesia di tahun 2020.
Discussion about this post