Bersosialisasi di bulan Ramadan
Kebanyakan responden berencana memberikan makanan sebagai bingkisan/hampers Ramadan, seperti kue kering (73%), cemilan/minuman kemasan (63%), hingga sembako (52%). Mereka berniat memberikannya pada orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman dan tetangga.
Terkait budget, rata-rata dari mereka menganggarkan Rp100-250 ribu untuk satu hampers.
Kegiatan sosial lain yang juga cukup diminati di bulan Ramadan adalah buka puasa bersama. Tujuh dari 10 orang mengaku tertarik untuk datang di momen itu pada bulan suci tahun ini, terutama untuk Gen X (73%). Mereka menantikan acara buka puasa yang dihadiri keluarga (76%), teman dekat (71%), dan teman sekolah/kuliah (47%).
Rencana mudik/liburan
Sebanyak 76% dari responden yang merantau, berencana mudik di Ramadan tahun ini. Kota Bandung, Kota Padang, dan Kota Yogyakarta adalah tujuan mudik terbanyak. Sebanyak 47% responden yang mudik akan berangkat ke kampung halaman pada pekan keempat Ramadan.
Kemudian, kendaraan yang digunakan untuk mudik kebanyakan didominasi milik pribadi, yaitu mobil dan motor dengan persentase masing-masing 32%. Selain mudik, ada juga responden yang berencana liburan di masa Ramadan 2024 dengan persentase 11%.
Discussion about this post