PENASULTRA.ID, KENDARI – Baru-baru ini, event berkelas dunia Paris Fashion Week (PFW) 2022 tengah menjadi perbincangan di kalangan netizen.
Salah satunya datang dari Pegiat Kreatif, Rendra Manaba yang merasa Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) membodohi semua pelaku ekonomi kreatif (ekraf) karena mengklaim beberapa brand Indonesia show di Paris Fashion Week, padahal berbeda acara.
Rendra mengatakan, tujuan utama keikutsertaan Gekrafs ke Paris untuk mempromosikan produk kreatif Indonesia ke kancah internasional, namun yang terjadi nama-nama desainer dan produk brand Indonesia tidak masuk dalam list PFW 2022.
“Para pelaku ekraf, artis dan tim Gekrafs disana tidak sama sekali ikut dalam pameran tersebut, melainkan hanya membuat show tersendiri diluar dari event PWF dengan waktu yang sama,” kata Rendra, Selasa 8 Maret 2022.
Menurutnya, tugas utama Kemenparekraf memang mempromosikan pariwisata dan produk ekraf, namun disaat lagi gencar-gencarnya mempromosikan destinasi lokal di beberapa daerah di Indonesia, tim Gekrafs malah bangga berada di spot-spot destinasi Eropa.
“Disaat produk lokal berupaya berinovasi, berpromo serta mencari akses pasar luaran malah produk brandit asing yang diborong oleh para selebritis tersebut,” ujar Rendra.
Page 1 of 3
Discussion about this post