“Namun demikian, kondisi beberapa tahun terakhir terlihat bahwa naiknya pengeluaran ini tidak berbanding lurus dengan jumlah pendapatan yang stagnan atau malah menurun. Dan pada akhirnya terlihat kenaikan persentase masyarakat yang menilai bahwa pengeluaran untuk Ramadan dan Lebaran 2025 ini akan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu,” kata Aska dalam keterangannya, Senin 24 Februari 2025.
Berbicara soal belanja Ramadan, sebanyak 91% responden berencana membeli pakaian. Peralatan ibadah (68%) dan aksesoris fesyen (58%) juga digemari.
Jika dilihat lebih jauh berdasarkan jenis kelamin, perempuan cenderung lebih banyak berbelanja aksesori fesyen, alas kaki, dan kosmetik/perawatan kulit. Sementara itu, laki-laki lebih banyak berbelanja peralatan ibadah, gadget, dan peralatan elektronik dibanding wanita.
Secara umum, para responden senang belanja Ramadan secara online. Meski demikian, ada beberapa barang yang lebih suka dibeli secara langsung (in-store), yaitu furnitur rumah (86%), gadget (81%), dan kendaraan (77%).
Bersosialisasi di Bulan Ramadan
Discussion about this post