PENASULTRA.ID, JAKARTA – PT Pos Indonesia dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menjalin kerja sama dalam pengiriman dokumen, barang, dan logistik ke seluruh penjuru Indonesia, termasuk ke wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).
Proses kerja sama ini ditandai dengan pertemuan antara Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia, Siti Choiriana beserta jajaran dengan Kepala Basarnas Nasional, Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi di Kantor Pusat Basarnas Jakarta, Senin 6 Maret 2023.
Siti Choiriana memaparkan transformasi serta portofolio bisnis PT Pos Indonesia yang saat ini berfokus dalam meningkatkan value customers di mata publik dan stakeholders. Adapun langkah yang dilakukan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tertua ini dalam menyukseskan hal tersebut ialah dengan melakukan kolaborasi, baik secara digitalisasi produk maupun layanan.
“Pos Indonesia juga telah menggarap pasar logistik, di mana kami sudah bekerja sama dengan kementerian, lembaga, dan badan di pemerintahan. Kami juga berkolaborasi dengan swasta dan perusahaan pelaku logistik lainnya dalam kerangka kerjasama whole sales business,” kata Siti Choiriana.
Menurut Choiriana, terjalinnya kerja sama antara dengan Basarnas merupakan bentuk dukungan PT Pos Indonesia terhadap pemerintah dalam mendistribusikan logistik ke masyarakat luas.
Hal itu merujuk pada penunjukkan PT Pos Indonesia sebagai designated operator, yakni penyelenggara pengiriman barang dan logistik oleh pemerintah Indonesia di mana bertanggung jawab atas segala pengiriman, termasuk ke wilayah yang terkena bencana.
“Kami menyadari Basarnas sebagai garda terdepan dalam pencarian dan penyelamatan korban musibah di Indonesia membutuhkan dukungan pengiriman logistik ke wilayah yang dalam kacamata kita, termasuk ke dalam kategori 3T,” ungkap Choiriana.
Discussion about this post