<strong>PENASULTRAID, SURABAYA</strong> - QA Space, event outdoor art installation pertama di Surabaya berhasil terlaksana pada 11-13 Oktober 2024 di Fairway Nine Mall, Surabaya. Event pertama dari inticreative ini menyajikan proyek instalasi seni megah dengan konsep 3 zaman. Pada saat memasuki lorong instalasi seni, pengunjung dimanjakan dengan instalasi kreatif dalam section past atau masa lalu. Pada section tersebut, pengunjung akan diajak bernostalgia melalui tren-tren media sosial di masa lalu seperti ‘Harlem Shake’ dan beragam tren media sosial lainnya. Hal ini menjadi pengalaman yang unik karena, pengunjung bisa mengaitkan memori masa lalu melalui obyek media sosial tersebut. Selanjutnya pengunjung dibawa memasuki section present atau masa sekarang. Pada section ini pengunjung disuguhkan dengan tren media sosial yang berdekatan dengan 2024. Kemudian perjalanan pada instalasi seni ditutup pada section future atau masa depan. Pada section ini, pengunjung diajak untuk berkontemplasi secara personal tentang apa hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Proyek instalasi seni ini pun mendapatkan komentar positif dari pengunjung yang datang. Angga, salah satu pengunjung juga menjelaskan ketertarikannya pada setiap section instalasi seni yang dikunjunginya. “Pengalaman yang unik banget, sih. Karena aku jadi semakin relate dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di hidup aku di masa lalu lewat obyek tren media sosial yang ditampilkan. Karena memang banyak dalam hidup yang kita abadikan lewat sosial media dan aku puas banget dengan art installation yang dipamerkan karena bisa bikin aku ingat detail-detail peristiwa masa lalu di hidup aku. Terus ada banyak hiburan lain kayak live music, tenant makanan dan juga fun activity yang bikin acara ini makin seru,” papar Angga. Iin Ladjoni, CEO dari inticreative sebagai pihak penyelenggara sekaligus ketua pelaksana dari QA Space pun turut menjelaskan bagaimana awal mula konsep instalasi seni ini bisa terwujud. “Awalnya, kami memang ingin mengembangkan proyek instalasi seni yang bisa membawa pengalaman personal untuk pengunjung yang datang. Akhirnya setelah brainstorm panjang dengan semua tim kami memilih konsep lini masa 3 periode ini dengan media sosial sebagai obyeknya," kata dia dalam keterangannya, Rabu 16 Oktober 2024. "Kami memang sengaja menjadikan media sosial sebagai obyek instalasi seni ini untuk menyesuaikan ruang gerak inticreative sebagai creative social media agency. Selain itu, menurut kami sosial media adalah hal yang cukup dekat bagi manusia modern untuk saat ini,” ujar Iin menambahkan. Selain menyajikan proyek instalasi seni, QA Space juga menyajikan wahana ekspresi untuk anak dan juga beragam tenant makanan, minuman serta fashion. Tenant-tenant di event QA Space juga kebanyakan adalah umkm lokal dari Surabaya dan kota-kota di sekitar Surabaya. Acara yang digelar selama 3 hari ini pun menjadi semakin meriah dengan adanya fun activity, workshop dan ditutup oleh penampilan musisi lokal Surabaya pada malam harinya. Sebagai pihak penyelenggara, inticreative sangat bersyukur dengan terwujudnya penyelenggaraan event pertama QA Space ini. Hal ini juga disampaikan oleh wakil ketua pelaksana QA Space, Annisa Nurul Ulfa. “Tentu kami sangat bersyukur dengan penyelenggaraan event pertama kami ini. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi untuk mewujudkan event ini. Tim, pihak umkm, sponsor, vendor, komunitas dan musisi lokal Surabaya yang mewujudkan wadah kolaboratif ini. Kami harap, QA Space bisa terus terselenggara sebagai wadah kreatif yang berkelanjutan,” pungkas Annisa. <strong>Editor: Ridho Achmed</strong> <strong>Jangan lewatkan video populer:</strong> https://www.youtube.com/watch?v=e7aw-TKyn0k
Discussion about this post