Mengenai event-event pendukung MotoGP, lanjut Sandiaga, ada sejumlah side events yang telah dipersiapkan dalam rangka menyambut kedatangan penonton yang ditargetkan mencapai 60 ribu.
“Ada beberapa kegiatan seperti Festival Jajanan Bango Food Truck Goes to Mandalika dan Aksilarasi (Aksi Selaras, Sinergi), kami juga menyiapkan aksesibilitas transportasi darat, laut, dan udara,” ucap Sandiaga.
Kemenparekraf juga mempersiapkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Lombok dan sekitarnya serta sertifikasi Indonesia Care. Hal itu disertai dengan peningkatan kapasitas industri dan usaha melalui fasilitasi sejumlah UMKM binaan Kemenparekraf ke booth-booth Pertamina pada event MotoGP 2022 serta program Planogram Goes to Mandalika 2022.
Adapun total transaksinya terus meningkat dengan melibatkan beberapa brand maupun perusahaan-perusahaan unicorn dan decacorn serta publikasi secara masif yang dilakukan oleh Kemenparekraf.
“Karena Mandalika akan menjadi pusat perhatian dunia oleh karena itu kami menyiapkan pelatihan SDM di Mandalika mulai dari pelayanan prima sampai pelatihan sanitasi dan pengelolaan sampah,” ujar dia.
“MotoGP Mandalika kita harapkan bisa membangkitkan ekonomi, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja seluas-luasnya dan kami meyakini ini adalah kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” sambung Sandiaga.
Discussion about this post