PENASULTRA.ID, MAKASSAR – Telkomsel area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka) memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 8,10 persen dibandingkan hari biasa 2024.
Hal itu utamanya akan didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari online gaming sebesar 78,8 persen, communications 28,02 persen, video streaming 25,09 persen, social media 13,38 persen, sampai dengan e-commerce 11,37 persen.
Dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel pun memperkirakan kenaikan trafik mencapai 22,75 persen lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 13,56 PB (Peta Byte) untuk wilayah Pamasuka pada puncak RAFI 2024.
Vice President Area Network Operations Telkomsel Area Pamasuka, Andrias Indra mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, pihaknya telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 72 titik keramaian di berbagai wilayah Pamasuka.
Titik keramaian tersebut mencakup 38 area khusus seperti pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya. Kemudian 8 area transit transportasi seperti bandara, pelabuhan, dan stasiun.
Lalu 13 wilayah residensial, 2 jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, serta 11 kawasan ibadah seperti masjid dan rumah ibadah lainnya.
Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 48 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 90 persen wilayah populasi di Pamasuka untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024.
“Telkomsel akan terus menghubungkan negeri agar para pelanggan bisa merayakan momen kebersamaan dalam merayakan bulan Ramadan dan menjalin silaturahmi lebih erat dengan kerabat, keluarga, maupun kolega hingga momen Idulfitri nanti,” kata Andrias, Senin 1 April 2024.
Tak hanya optimalkan jaringan di 72 titik, Telkomsel juga menghadirkan 40 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis.
Setiap Posko Siaga merupakan pusat layanan komprehensif untuk kebutuhan digital pelanggan, seperti penukaran Telkomsel Poin, pembelian kartu perdana Telkomsel Lite, pembelian voucher isi ulang, instalasi aplikasi MyTelkomsel, pendaftaran produk FMC IndiHome, Orbit, Telkomsel One, dan sebagainya.
Discussion about this post