PENASULTRA.ID, JAKARTA – Perempuan masa kini diharapkan tak hanya berkendara dengan gaya, tetapi juga memiliki kesadaran tinggi akan keselamatan diri.
Untuk itu, dalam memaknai Hari Kartini 2025, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama 28 jaringan main dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia kembali menggelar kampanye edukasi keselamatan berkendara bagi perempuan.
Mengangkat tema “Persimpangan Aman, Cantik sampai Tujuan”, program ini mengajak para Kartini masa kini untuk tampil percaya diri sekaligus peduli terhadap keselamatan di jalan, terutama saat melintasi area persimpangan yang penuh risiko.
Sepanjang 7 hingga 30 April 2025, lebih dari 1.680 perempuan dari berbagai komunitas, mulai dari organisasi profesi, komunitas pecinta motor, hingga pengguna motor sehari-hari, siap ambil bagian dalam rangkaian aktivitas edukatif yang dirancang interaktif dan aplikatif.
Para peserta tidak hanya mendapatkan teori keselamatan berkendara, namun juga berkesempatan langsung mempraktikkan teknik berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan lewat pelatihan safety riding dan simulasi menghadapi kondisi jalan yang kompleks melalui ratusan alat simulasi berkendara, Honda Riding Trainer.
Program ini mengajak para perempuan menjadikan keselamatan berkendara sebagai bagian gaya hidup Kartini masa kini. Dalam simulasi berisiko saat berkendara melewati persimpangan jalan, para peserta didorong untuk tidak hanya tampil percaya diri dan bergaya, tetapi juga cerdas dalam mengambil keputusan, serta selalu mengutamakan keselamatan di setiap perjalanan.
Puncak kegiatan berlangsung pada 21 April 2025 di AHM Safety Riding Park, Deltamas. Sejumlah narasumber ahli di bidangnya hadir untuk berbagi wawasan, termasuk Kepala Subdirektorat Keamanan, Keselamatan, dan Lalu Lintas, Polda Metro Jaya, Kompol Endah Puspita Rini, dan Instruktur Safety Riding AHM, Laras Dwi Yulia.
Lalu Praktisi Keselamatan Transportasi Nasional Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Erlina Indriasari.
Para peserta mendapatkan sosialisasi aturan lalu lintas terbaru, serta panduan membaca potensi bahaya di jalan lewat kampanye #Cari_Aman yang terus dikembangkan oleh AHM.
General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan, inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan AHM dalam menciptakan budaya berkendara yang aman dan bertanggung jawab, khususnya bagi perempuan yang kini semakin aktif dan mandiri dalam mobilitas harian mereka.
“Kami ingin perempuan Indonesia merasakan kebebasan berkendara yang bertanggung jawab dengan tetap menjunjung tinggi keselamatan. Melalui program ini, kami berharap dapat membekali para Kartini masa kini dengan keterampilan yang tidak hanya melindungi diri mereka sendiri, tetapi juga sesama pengguna jalan,” kata Andy.
Discussion about this post