“Ketiga value itu nampaknya mulai bisa menggantikan value diskon yang memang dirasakan mulai berkurang sejak tahun lalu. Value inilah yang saat ini terlihat menjadi standar minimum pelayanan yang dimiliki oleh mayoritas e-commerce,” kata Aska dalam keterangannya, Jumat 1 September 2023.
Fenomena Live Shopping dan Affiliate Link
Live shopping muncul sebagai evolusi yang menarik dari pengalaman belanja online, gabungan dari elemen partisipatif dalam media sosial dan daya tarik belanja itu sendiri.
Riset Jakpat menunjukkan, 9 dari 10 online shoppers, pernah menonton live shopping. Siaran live shopping yang dipandu oleh brand atau influencer, menampilkan dagangan dan interaksi langsung dengan penonton sebagai calon pembeli tanpa batasan lokasi.
Interaksi dalam live shopping ini memungkinkan konsumen untuk berkomunikasi langsung, untuk
mengajukan pertanyaan, mendapatkan jawaban, serta mempelajari lebih lanjut tentang serba-serbi produk. Berkat format ini, kegiatan belanja online yang pasif seolah-olah menjadi event komunitas.
Di sisi lain, kombinasi media sosial dan live shopping seakan menciptakan rasa eksklusivitas dan urgensi. Terkait dengan fenomena ini, Aska juga menyampaikan, konsumen mencari unique value dari pengalaman berbelanja mereka. Live shopping menjadi contoh nyata dalam hal ini.
“Pengalaman belanja real-time dalam waktu terbatas, pengalaman interaksi spontan secara langsung dengan penjual dan shopper lain, adanya kejutan-kejutan dari host-nya, ditambah lagi persepsi bahwa produk yang dijual tersebut stoknya terbatas, membuat seseorang akan menjadi loyal shopper,” ujar Aska.
Discussion about this post