Sementara, 70% tertarik dengan kursus keterampilan seperti memasak, fotografi, dan menulis. Hampir 50% responden menyatakan tertarik dengan kursus public speaking.
Kursus bahasa asing adalah yang paling digemari responden, dengan persentase 50%. Sebanyak 56% Milenial tertarik dengan kursus digital marketing dan 54% Gen Z berminat pada kursus public speaking.
“Minat kursus self-development menunjukkan bahwa generasi muda makin selektif dalam memilih keterampilan yang relevan dengan karier dan kehidupan mereka,” simpul Hasna.
Sumber informasi terkait self-development
Para responden umumnya mendapat informasi seputar kegiatan self-development melalui media sosial, terutama iklan (40%).
TikTok menjadi media sosial pilihan Gen Z untuk mencari informasi tentang aktivitas pengembangan diri, baik dari akun resmi penyedia kegiatan self-development (26%) maupun akun lainnya seperti dari kalangan profesional atau reviewer (30%).
Satu dari 3 Milenial mendapatkannya dari rekomendasi orang-orang di sekitar mereka seperti teman dan keluarga.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post