PENASULTRA.ID, YOGYAKARTA – Banyak hal yang hanya dapat dijumpai saat Ramadan. Seperti buka bersama, salat tarwih, penjual takjil, hingga acara sahur. Selain itu, ternyata ada beberapa perubahan yang terjadi selama bulan Ramadan, salah satunya pengeluaran
yang lebih banyak dari biasanya.
Cabaca sebagai salah satu platform baca dan digital melakukan survei bersama Jakpat yang melibatkan 236 responden. Sebesar 56,78% responden mengaku pengeluaran saat Ramadan lebih banyak daripada hari biasanya. Ada pengeluaran tambahan seperti pengeluaran untuk makan atau jajan, belanja pakaian, belanja hampers, hingga membeli akses konten hiburan.
Mengutip dari laporan spesial 2023 Welcoming 2023 Ramadan and Eid yang dibuat oleh Jakpat yang melibatkan 1.034 responden muslim, menjelaskan jika ada beberapa pengeluaran yang paling banyak dilakukan selama bulan Ramadan dan Idulfitri.
Sebesar 88% responden mengaku pengeluaran dialokasikan untuk zakat, infaq, dan sedekah. Di posisi kedua sebesar 80% untuk buka puasa, disusul 79% untuk berbelanja makanan, 69% berbelanja untuk Ramadan dan Idulfitri, lalu 53% berbelanja untuk kebutuhan lainnya. Selain itu, tampaknya berbelanja pakaian masih menjadi hal yang dipilih selama bulan Ramadan dan Idulfitri.
Dalam Welcoming 2023 Ramadan and Eid yang dibuat oleh Jakpat dijelaskan jika list belanja selama Ramadan dan Idulfitri yang dipilih oleh beberapa responden yang akan berbelanja selama bulan Ramadan dan Idulfitri di luar berbelanja makanan adalah belanja baju yang memimpin sebesar 88%, diikuti oleh perlengkapan salat, sebesar 66%, alas kaki sebesar 60%, aksesoris fashion 55%, dan lainnya.
Pengeluaran yang sebelumnya tidak masuk dalam daftar utama, pada bulan Ramadan menjadi hal yang dialokasikan lebih dulu, seperti zakat, infaq, dan sedekah.
Selain menjadi kewajiban yang perlu dilakukan oleh setiap muslim untuk membayar zakat, namun tidak sedikit orang-orang yang memberikan banyak bantuan lebih dari biasanya kepada yang membutuhkan selama bulan Ramadan. Seperti menyediakan takjil gratis, memberikan makanan untuk sahur, hingga memberikan paket sembako.
Selain pengeluaran yang lebih banyak, mengutip dari laporan Jakpat di tahun 2021, disebutkan bahwa konsumsi media dan hiburan saat Ramadan juga lebih banyak. Sebagian besar responden cenderung mengakses informasi atau media hiburan, dimulai saat sahur dan meningkat saat waktu istirahat siang yang biasanya digunakan untuk makan siang.
Discussion about this post