PENASULTRAID, JAKARTA – Aktivitas hiburan digital saat ini sudah menjadi hal yang lumrah, seperti menikmati film atau serial, hingga mendengarkan musik atau podcast. Semua jenis hiburan tersebut kini dapat dinikmati dengan mudah melalui smartphone, yang sering disebut sebagai mobile entertainment.
Tak hanya itu, media sosial juga menjadi salah satu bentuk hiburan digital yang banyak diminati.
Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui perilaku dan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan mobile entertainment dan sosial media pada paruh kedua 2024 yang melibatkan 2416 responden Jakpat.
Laporan Jakpat menyoroti tentang penggunaan platform over-the-top (OTT) seperti Netflix, Vidio, atau Disney+ Hotstar. Sebanyak 84% responden menggunakan OTT untuk menonton film, 72% untuk menonton serial, dan 47% untuk menonton kartun atau anime.
Satu dari 4 penonton OTT menghabiskan waktu 1,5-2 jam sekali membuka platform tersebut.
Berdasarkan negara asal, konten terbanyak ditonton di OTT berasal dari Korea Selatan (71%), disusul Indonesia (69%), dan Amerika Serikat (50%). Sementara tiga genre top adalah action (65%), komedi (63%), dan romansa (61%).
Netflix masih menjadi peringkat pertama sebagai platform OTT yang digunakan dengan kenaikan 7% dari tahun lalu menjadi 63%. Tiga dari 10 pengguna OTT menonton Vidio.
Persentase pengguna WeTV, Viu, dan Disney+ Hotstar sama, yaitu 26%. Platform dengan dominasi konten Mandarin, yaitu WeTV dan iQIYI, mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Instagram dianggap media sosial paling informatif. Hiburan mobile lain yang tak kalah disenangi adalah media sosial.
Pada paruh kedua 2024, Instagram menjadi primadona di mana 4 dari 5 pengguna media sosial mengakses merek tersebut. Media sosial lain yang digunakan adalah YouTube (76%) dan TikTok (67%).
Discussion about this post