Dari segi nilai, tiap generasi memiliki pandangan yang berbeda. Gen Z menganggap TikTok sebagai media sosial paling informatif (32%). Sementara Milenial memilih Instagram (29%) dan Gen X memilih YouTube (30%) sebagai media sosial paling informatif.
Ada berbagai hal yang dicari di media sosial. Musik/film/serial dan kuliner adalah dua topik yang paling banyak dicari, dengan persentase masing-masing 58% dan 57%. Ada juga responden yang mencari informasi terkait wisata/liburan (56%) dan kesehatan (52%) di media sosial. Selain itu, 1 dari 2 Gen Z juga senang mencari tahu tentang fesyen.
Head of Research Jakpat, Aska Primardi, menilai bahwa akses mobile entertainment dan media sosial sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.
“Atensi dan minat masyarakat tetap tinggi, selain itu mereka juga menjadikan platform mobile ini menjadi sebuah hal yang harus dimiliki dan tidak bisa ditinggalkan,” kata dia dalam keterangannya, Selasa 11 Februari 2025.
“Kondisi ini tercermin dari angka incidence pengguna kedua jenis platform tersebut tetap tinggi secara konsisten dari waktu ke waktu. Bagi masyarakat, khususnya Gen Z, kedua platform ini juga menjadi sumber informasi yang ter-update dan dapat dipercaya, baik seputar informasi tentang isu-isu terkini ataupun informasi tentang sebuah produk,” jelas Aska memungkas.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post