PENASULTRAID, JAKARTA – Jumlah musisi mancanegara yang datang ke Indonesia semakin meningkat, terbukti dari banyaknya jadwal konser artis mancanegara sepanjang 2024.
Tren ini tidak hanya melibatkan musisi dari negara-negara barat, tetapi juga musisi dari Asia, seperti Korea Selatan (K-pop) dan Jepang (J-pop/J-rock), yang datang ke Indonesia untuk berinteraksi dengan para penggemarnya.
Di sisi lain, musisi memiliki keterikatan yang sangat erat dengan para penggemarnya, yang memegang peranan penting dengan menunjukkan dukungan dan kesetiaan mereka dalam berbagai cara.
Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui kebiasaan penonton konser dan perilaku penggemar musisi sepanjang 2024. Laporan ini melibatkan 2131 responden Jakpat.
Tren Konser Musik
Sebanyak 82% responden mengaku pernah datang ke konser musik secara langsung. Lebih detail, 30% dari concertgoer ini menonton konser pada 2024, didominasi laki-laki dan Gen Z.
Tiga dari 4 responden tertarik menghadiri konser musik dalam 6 bulan ke depan, dengan sebagian kecil sudah membeli tiket. Hampir 40% perempuan tertarik menghadiri konser meskipun belum memutuskan musisi mana yang ingin mereka lihat, hal ini juga berlaku untuk 2 dari 5 Gen Z.
“Konser musik merupakan sebuah event yang diminati oleh semua orang. Ini terlihat dari tingginya jumlah orang yang pernah dan berencana menghadiri konser musik. Walaupun karakteristik setiap penonton itu berbeda, baik dari sisi gender, usia, ataupun kelas sosial ekonomi; namun setiap segmen memiliki preferensi tersendiri tentang jenis dan tema konser musik. Sehingga tidak mengherankan bahwa semua event konser musik disambut dengan antusiasme yang tinggi dari calon penontonnya masing-masing,” tutur Head of Research Jakpat, Aska Primardi dalam keterangannya, Jumat 20 September 2024.
Ada sejumlah pertimbangan bagi concertgoer untuk datang ke konser musik. Musisi dan harga tiket adalah dua faktor terbanyak dengan persentase masing-masing 60% dan 59%. Waktu dan lokasi konser juga tak kalah penting sebagai alasan untuk pergi ke konser. Satu dari 5 orang tak masalah ke luar kota untuk menonton konser musik.
Dari segi keuangan, 29% concertgoer memiliki alokasi bujet untuk membeli tiket konser musik. Sementara, rata-rata biaya yang bersedia dikeluarkan adalah Rp666.684 untuk satu tiket konser musik.
Sepanjang 2024, tur “Sheila on 7 Tunggu Aku Di” menjadi konser solo musisi lokal yang paling banyak ditonton (40%). Lalu, untuk kategori internasional adalah Avenged Sevenfold: The Only Stop in Asia (14%) dan K-pop adalah NCT Dream World Tour: The Dream Show 3 (23%).
Discussion about this post