PENASULTRAID, JAKARTA – Produk fesyen selalu menjadi yang teratas dalam pembelian, terlihat dari laporan Jakpat 2023 yang menunjukkan pembelian barang kategori ini sebesar 88%. Meski permintaan menurun hingga 79%, pembelian produk fesyen masih menjadi nomor satu.
Jakpat melakukan survei untuk mengetahui perilaku dan kebiasaan pembeli produk fesyen di Indonesia. Laporan yang melibatkan 1.168 responden ini menunjukkan jenis pakaian apa saja yang dibeli pada 2024, tingkat kepuasan mereka, dan pertimbangan dalam membeli pakaian.
Hasil survei menunjukkan bahwa 54% responden membeli produk fesyen tahun ini dengan mayoritas membeli pakaian kasual. Sementara, 53% responden berencana membeli produk fesyen dimana 5 dari 10 orang ingin membeli pakaian formal untuk 6 bulan ke depan.
Selain itu, minat untuk membeli pakaian muslim di masa mendatang terlihat lebih tinggi daripada membeli pakaian olahraga.
Dari segi perilaku, 9 dari 10 responden membeli produk fesyen secara online, terutama melalui platform e-commerce. Sebanyak 27% lainnya membeli lewat akun TikTok Shop merek fesyen dan 25% melalui toko serba ada (department store).
Pertimbangan dan Sumber Informasi dalam Membeli Produk Fesyen
Jakpat mencari tahu perilaku konsumen pada lima kategori produk fesyen: pakaian kasual, pakaian formal, alas kaki, barang bawaan, dan aksesori. Secara umum, harga adalah pertimbangan terbesar bagi responden untuk membeli produk fesyen, dengan persentase lebih dari 70%.
Discussion about this post