Promo Pena

Samahuddin Luncurkan Kartu Tani dan Serahkan 48 Perahu Viber ke Nelayan

PENASULTRA.ID, BUTON TENGAH – Dalam waktu bersamaan, Bupati Buton Tengah (Buteng), H Samahuddin meluncurkan kartu tani, dan meyerahkan bantuan perahu viber kepada nelayan.

Promo Pena

Dalam sambutannya, Samahuddin menyatakan agar bantuan yang sudah diberikan pemerintah dapat dijaga dan digunakan dengan sebaik-baiknya. Apalagi, bantuan yang diberikan kepada masyarakat ini untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

“Misalnya, bantuan perahu 1 set sebanyak 48 unit untuk masyarakat nelayan yang ada di kabupaten Buteng. Selanjutnya, kartu tani untuk masyarakat petani,” ujar Samahuddin, saat menyampaikan sambutan di Pantai Kakaumele Tanjung Buaya, kecamatan Mastim. Rabu, 2 Desember 2020.

Samahuddin menjelaskan, untuk bantuan perahu yang diberikan kepada masyarakat nelayan yang ada di 7 kecamatan. Tujuannya, agar bisa mensejahterakan kebutuhan masyarakat nelayan.

Menurutnya, dengan adanya perahu bisa memberikan efek yang baik buat kehidupan para nelayan.

“Agar penangkapan ikan bisa lebih produktif lagi. Walaupun, bantuan ini belum semuanya tersalurkan kepada masyarakat. Tetapi, niat dalam melihat kebutuhan masyarakat nelayan sudah kita penuhi walaupun belum semuanya diadakan,” ulasnya.

Promo Pena

Sementara itu, terkait peluncuran kartu tani buat masyarakat petani, menurut politisi PDI-perjuangan itu, tak lain untuk membantu kebutuhan petani dalam pembelian pupuk.

“Harga pupuk kini berkisar Rp400 ribu. Dengan kartu tani, bisa dibeli dengan harga Rp90 ribuan. Dan masyarakat tidak lagi mengeluarkan uang sakunya. Sebab dalam kartu tani, sudah ada uang khusus untuk pembelian pupuk. Yang jumlahnya sekitar 10 jutaan,” terang Samahuddin.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Buteng, Rizal menyebutkan bantuan perahu 48 unit bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2020. Dengan rincian anggaran kurang lebih Rp2,6 milyar.

“Untuk, Kecamatan Talaga raya tiga unit, Mawasangka 16 unit, Mawasangka Tengah dua unit, Mawasangka Timur lima unit, Lakudo 15 unit, GU tiga unit dan Sangia Wambulu empat unit,” bebernya.

Selain itu, Kadis Pertanian Buteng Rajudin, juga menyampaikan apa yang menjadi asas manfaat terkait kartu tani. Dimana kartu tani yang dimiliki para petani bisa sedikit membantu apabila melakukan pembelian pupuk.

“Untuk Louncing kartu tani. Kita bagikan kepada 854 tani yang ada di Buteng. Dimana nantinya kartu tani ini bisa membantu kebutuhan para petani,” jelasnya.(*)

Penulis: Amrin Lamena

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.