4 Pjs Bupati
Pemprov TNI
Pemprov Pancasila

KKN Tematik UHO Edukasi Guru SMP Gunakan GSE

PENASULTRA.ID, KENDARI – Adanya pandemi virus corona atau Covid-19 membuat masyarakat dituntut untuk melakukan hampir semua aktifitas dari rumah. Baik urusan pekerjaan hingga proses belajar mengajar di sekolah.

Melihat kondisi ini, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Universitas Halu Oleo (UHO) memberikan edukasi pembelajaran daring (online) menggunakan Google Suite For Education (GSE) kepada guru-guru SMP di Kendari.

“Tim KKN tematik menghadirkan program kerja terkait pemanfaatan GSE sebagai media pembelajaran daring selama masa pendemi Covid-19 di Kota Kendari,” kata Ketua Tim KKN Tematik Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian UHO, Erzam S Hasan melalui rilis persnya, Minggu 19 Juli 2020.

Menurutnya, edukasi ini diberikan agar proses pembelajaran lebih efisien. Apalagi, GSE memiliki berbagai fitur-fitur tambahan, seperti apasitas penyimpanannya mencapai 15 GB.

“GSE ini diperuntukkan secara khusus bagi penyelenggaraan proses pembelajaran mulai dari tingkat SD, SMP, SMA bahkan Perguruan Tinggi,” ujar Erzam.

GSE, katanya, dapat digunakan dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan satu email. Fiturnya pun digunakan secara gratis, sehingga pengajar dapat berinovasi.

“Kemudian bisa dijalankan secara optimal baik smartphone maupun laptop,” jelas Erzam.

Tidak diperlukan instalasi khusus untuk menjalankan aplikasi GSE, karena fitur GSE dijalankan secara langsung melalui web browser yang kompatibel untuk semua platform web browser.

“Satuan pendidikan tidak perlu menyediakan infrastruktur hosting atau server, karena GSE dikelola langsung oleh google dan bekerja secara online selama 1×24 jam,” tambah Erzam.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari, Dra. Sartini Sartia mengucapkan terima kasih kepada pihak UHO yang telah memberi edukasi sesuai dengan kebutuhan guru-guru SMP Kota Kendari.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan pelatihan pemanfaatan aplikasi GSE ini ditengah pandemi Covid19. Harapannya guru-guru tetap melaksanakan proses belajar mengajar menggunakan daring secara efektif dengan pemanfaatan GSE,” tutup Sartini.

Penulis: Yenni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.