Pemprov Pemuda
Pemprov TNI
DPRD Gula

Jelang Pilkada Konsel, Survei PPI: Surunuddin Sulit Ditumbangkan

PENASULTRA.ID, KENDARI – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di tujuh wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra), PT. Parameter Publik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas tiap kandidat yang maju dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut.

Lembaga ini melakukan survei kepada tiga balon kepala daerah yang akan maju di Pilkada Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pada 9 Desember 2020 mendatang.

Ketiga balon tersebut yakni Surunuddin Dangga, Muh. Endang serta Rusmin Abdul Gani (RAG).

Hasil dari survei yang dilaksanakan sejak 20 hingga 26 Agustus 2020 dengan melibatkan 1000 koresponden tersebut, elektabilitas Surunuddin Dangga masih tertinggi dibanding kandidat lainnya.

Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia, Rasmuddin mengatakan, dari data survei elektabilitas yang diperoleh petahana tersebut sebesar 60 persen. Disusul Muh. Endang sebesar 9,2 persen serta RAG sebesar 5,8 persen.

“Masih ada 25 persen masyarakat yang belum menentukan pilihan,” kata Rasmuddin.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat Surunuddin Dangga sulit untuk ditunbangkan. Diantaranya yakni kelompok pemilih yang tidak menginginkan petahana suaranya terpecah ke dua penantang lainnya.

Kemudian adanya migrasi atau perpindahan dukungan dari pasangan yang tak jadi ikut berkompetisi dalam Pilkada Konsel 2020.

“Karena Irham Kalenggo tak jadi mencalonkan diri maka suaranya bergeser ke Surunuddin alias petahana,” tutup Rasmuddin.

Untuk diketahui, ada tujuh wilayah di Sultra yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 yakni Kabupaten Buton Utara (Butur), Konsel, Konawe Kepulauan (Konkep), Wakatobi, Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut) dan Muna.

Penulis: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.