DPRD Gula
Pemprov Pemuda
Pemprov TNI

Hanura “Balik Kanan”, DPP Dukung Pasangan RAPI di Pilkada Muna

PENASULTRA.ID, MUNA – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang sebelumnya telah memberikan rekomendasi kepada pasangan bakal calon (Balon) bupati-wakil bupati Muna Syarifuddin Udu-Hasid Pedansa (SU-HP), akhirnya berubah haluan.

Bombana Gula

Dimasa injury time, bertepatan dengan pelaksanaan pendaftaran paslon, partai besutan Oesman Sapta Odang (OSO) itu mendukung pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili (RAPI).

Ketua DPC Partai Hanura Muna, La Saemuna mengaku dukungan ke RAPI adalah perintah langsung dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Penyerahan dukungan itu bukan lagi dalam bentuk rekomendasi, tetapi langsung format B1-KWK.

“Penyerahan dukungan itu dalam bentuk B1-KWK dan itu kami serahkan langsung ke pasangan RAPI tadi selesai shalat Jumat sekitar pukul 13.00 wita,” kata Saemuna pada awak media disela-sela pendaftaran RAPI di KPU Muna, Jumat 4 September 2020.

Ketua DPRD Muna ini mengungkapkan, SU-HP sejak awal dipercaya Hanura mencari partai koalisi hingga memasuki pendaftaran Paslon di KPU. Namun, upaya keras dua pasang kader terbaik Muna itu tak berhasil meyakinkan sekaligus mengajak parpol pendukung lainnya bergabung.

Olehnya itu, kata Saemuna, di menit terakhir saat pendaftaran calon, DPP Hanura mengambil keputusan mendukung pasangan RAPI di Pilkada Bumi Sowite pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pena Pemuda

“Kami tidak sangka-sangka, karena sebelumnya kita DPC tidak ada komunikasi dengan DPP soal dukungan ke RAPI,” sebut Saemuna.

Kendati menjadi partai keenam (terakhir) yang menyatakan dukungan, namun Hanura berkomitmen memenangkan pasangan RAPI di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kalau ada kader yang tidak patuh akan perintah, maka tentu ada sanksi, baik sanksi administrasi maupun pemecatan,” tegas Saemuna mengingatkan kader Hanura untuk patuh terhadap putusan DPP.

Perlu diketahui pasangan RAPI resmi mendaftar di KPU Muna hari ini. Ribuan massa mengantarkan pasangan yang mendapat dukungan enam parpol. Ke enam parpol itu masing-masing, Partai NasDem, Demokrat, PPP, Gerindra, PAN dan Hanura.

Dari enam parpol itu, RAPI mengantongi 16 kursi dari akumulasi 30 kursi DPRD Muna. Sementara sisanya, 14 kursi, kompak mendukung pasangan petahana yakni LM Rusman Emba-Bachrun Labuta.(*)

Penulis: Sudirman Behima

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.