Promo Pena

Di Pilkada Serentak, Suket dan KTP-el dapat Digunakan untuk Mencoblos

PENASULTRA.ID, WAKATOBI – Ketua KPUD Wakatobi, Abdul Rajab mengatakan, selain KTP Elektronik (KTP-el), Surat Keterangan (Suket) domisili masih bisa digunakan pemilih untuk mencoblos calon bupati-wakil bupati pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Promo Pena

Suket yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat dapat digunakan pemilih saat pemungutan suara apabila yang bersangkutan telah melakukan perekaman KTP-el.

“Itu diatur dalam Pasal 5 ayat 2 Huruf e PKPU Nomor 19 Tahun 2019 tentang pemuktahiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam Pemilihan Gubernur/Wagub, Bupati/Wabup, Wali Kota/Wawali,” jelas Rajab saat diwawancarai awak media, Senin 14 September 2020.

Suket yang diterbitkan Disdukcapil tersebut diberikan kepada pemilih yang belum masuk DPT. Catatannya, kata Rajab, mereka merupakan warga masyarakat yang telah terdaftar sebagai penduduk Wakatobi secara resmi dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pena Maulid

“Pemilih yang mengantongi Suket diberikan waktu mencoblos satu jam sebelum waktu pemungutan suara di TPS berakhir,” terang Rajab.

Kepada warga masyarakat terutama tim sukses para kandidat, Rajab berharap agar berpartisipasi mengkroscek nama pemilih dalam DPS yang akan diumumkan pada 19 hingga 28 September 2020.

“Jika belum terdaftar dalam DPS segera berikan masukan ke penyelenggara ditingkat bawah,” tutup Rajab.(*)

Penulis: Deni La Ode Bono

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.