Menarik Minat Pembeli
Promosi diperlukan untuk menarik minat pembeli. Diskon (61%) dan gratis ongkos kirim (60%) merupakan promosi yang paling sering ditawarkan oleh para penjual online.
Ternyata, kedua hal ini juga yang paling banyak digunakan pembeli. Penjual Gen Z mengungkapkan bahwa diskon lebih laku daripada pengiriman gratis. Di sisi lain, Milenial dan Gen Z mengatakan pembelinya lebih banyak menggunakan promo gratis ongkos kirim.
Kemudian, fitur di platform juga dimanfaatkan. Sebanyak 58% responden menggunakan tautan afiliasi untuk mempromosikan produk mereka. Penjual online Gen Z adalah kategori yang paling banyak menggunakan fitur ini. Hampir 70% responden menyediakan link afiliasi ke e-commerce Shopee.
Selain link afiliasi, sebanyak 23% responden penjual online menggunakan fitur live shopping. Shopee Live dan TikTok Live adalah dua fitur e-commerce yang paling banyak digunakan untuk live shopping. Di satu sisi, 1 dari 5 penjual online masih mengandalkan media sosial, seperti Instagram Live dan Facebook Live.
Discussion about this post