PENASULTRA.ID, MAKASSAR – Berkendara di jalanan menanjak dan menurun sering kali menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi pengendara sepeda motor. Kondisi ini membutuhkan teknik khusus agar perjalanan tetap aman, nyaman, dan motor tidak cepat rusak.
Menanggapi hal tersebut, Habib Permadi selaku Safety Riding Supervisor Astra Motor (Asmo) Sulawesi Selatan (Sulsel) membagikan sejumlah tips penting yang bisa diterapkan oleh seluruh pengendara, khususnya di wilayah cakupan Asmo Sulsel sebagai main dealer, yakni Sulawesi Selatan, Tenggara, Barat, dan Ambon yang memiliki medan jalan yang cukup beragam.
Menurut Habib, tips berkendara saat menanjak yang pertama menggunakan gigi rendah. Penggunaan gigi 1 atau 2 sangat disarankan ketika melalui tanjakan curam.
“Gigi rendah memberikan torsi lebih besar, sehingga motor tidak cepat kehabisan tenaga,” kata Habib.
Kedua, menjaga putaran mesin. Jangan tunggu mesin kehabisan tenaga baru menurunkan gigi. Pastikan RPM tetap ideal untuk menjaga dorongan motor tetap kuat dan stabil.
Selanjutnya, posisi tubuh miring ke depan untuk menjaga roda depan tetap mencengkram jalan, pengendara disarankan untuk sedikit mencondongkan badan ke depan.
“Keempat, perhatikan jarak aman
jaga jarak dari kendaraan di depan dan gunakan rem belakang jika harus berhenti, agar motor tidak melorot ke belakang,” ujar Habib.
Kemudian hindari berhenti mendadak bila memungkinkan, hindari berhenti di tengah tanjakan. Memulai kembali di tanjakan bisa membuat motor lebih cepat aus jika dilakukan terlalu sering.
Sementara untuk tips saat turunan yakni menggunakan engine brake. Jangan hanya andalkan rem. Turunkan gigi dan manfaatkan engine brake untuk menahan laju motor.
Kedua rem secara bertahap. Gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dan perlahan. Menginjak rem secara mendadak di turunan bisa menyebabkan roda terkunci atau tergelincir.
“Ketiga posisi tubuh ke belakang
geser sedikit posisi tubuh ke belakang agar distribusi beban lebih merata dan motor lebih stabil saat menurun,” tutur Habib.
Discussion about this post