PENASULTRA.ID, JAKARTA – Tingginya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia, hingga meningkatnya taraf hidup masyarakat membuka pasar yang sangat potensial terutama produk kebutuhan ibu dan anak, hingga kesehatan dan kecantikan.
Potensi pasar yang besar dengan persaingan yang sangat sengit di era digital pun menghadirkan brand-brand pilihan konsumen berkat strategi ciamik memikat hati konsumen di ranah digital.
Berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), setiap tahun ada 4-5 juta anak lahir di Indonesia. Sementara Kementerian Dalam Negeri mencatat, pada Desember 2021 jumlah penduduk usia anak 0-14 tahun mencapai 69 juta jiwa atau 25% dari total jumlah penduduk yang saat ini telah mencapai lebih dari 275 juta jiwa.
Menariknya lagi, Bank Dunia dalam laporan “Aspiring Indonesia–Expending the Middle Class” tahun 2020 mencatat, ada sebanyak 45% populasi atau 115 juta orang berpotensi menjadi kelas menengah. Saat ini jumlah kelas menengah diperkirakan 50 juta orang lebih telah masuk dalam golongan kelas menengah.
Memahami potensi dan tren pasar tersebut, Infobrand.id sebagai number one brand media bekerjasama dengan Tras N Co Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, untuk kali pertama menghadirkan penghargaan Brand Choice Award For Mom & Kids 2022, dan Brand Choice Award For Health & Beauty 2022.
Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id menjelaskan, Brand Choice Award For Mom & Kids 2022, merupakan apresiasi yang diberikan kepada brand-brand nasional dan internasional di kategori kebutuhan ibu & anak yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi pilihan konsumen di Indonesia.
Sedangkan Brand Choice Award 2022 For Health & Beauty 2022, merupakan apresiasi yang diberikan kepada brand-brand nasional dan internasional di kategori kesehatan dan kecantikan yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen di Indonesia.
Tujuan dari penyelenggaraan penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada brand-brand di kategori ibu dan anak, kesehatan dan kecantikan yang telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen melalui channel marketplace di Indonesia.
Melalui penghargaan ini diharapkan menambah kepercayaan konsumen dan calon konsumen dalam memilih, menggunakan, serta merekomendasikan produk dari suatu brand.
“Tentunya melalui penghargaan ini kami harapkan dapat mendorong perusahaan-perusahaan dan brand-brand di kategori ibu dan anak, kesehatan dan kecantikan, semakin mengoptimalkan platform marketplace dan media sosial untuk mendorong penjualan produknya,” ujar Susilowati Ningsih.
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia menjelaskan, untuk melihat brand-brand pilihan Mom & Kids dan Health & Beauty, diberikan berdasarkan penilaian dengan pendekatan digital monitoring dengan mengacu kepada 3 parameter penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect, dan Social Media Aspect.
Dimana riset Brand Choice for Mom & Kids Index dilakukan pada bulan Mei-Juli 2022, yang dilakukan terhadap 115 kategori produk dengan lebih dari 700-an brand ter-riset. Sedangkan riset Brand Choice for Health & Beauty Index, dilakukan pada bulan Mei-Juli 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1000-an brand ter-riset.
“Adapun kriteria penilaian yang dilakukan dari dua penghargaan tersebut, brand-brand peraih penghargaan dinilai telah memenuhi tiga kriteria penilaian seperti; brand-brand ter-riset memiliki official online store yang terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia,” katanya.
“Brand-brand ter-riset meraih angka final skor minimal 10% atau lebih di kategori produknya. Dan brand achiever berada pada posisi tiga teratas dalam 1 kategori, atau berada pada peringkat pertama apabila hanya terdapat maksimal tiga brand ter-riset di satu kategori tersebut,” jelas Tri Raharjo lagi.
Discussion about this post