Penggunaan AI di media sosial
Media sosial menjadi salah satu medium untuk melihat konten AI, terutama di Instagram (62%) dan TikTok (60%).
Berdasarkan jenisnya, 7 dari 10 orang biasanya menonton video animasi AI di media sosial. Sebagian juga melihat transformasi bergaya visual, seperti foto menjadi bergaya anime, lukisan cat minyak, dan lain-lain.
Soal keaslian, hampir setengah dari responden mengatakan mereka dapat membedakan antara konten AI dan konten buatan manusia. Namun, cukup banyak yang masih ragu (47%).
Terkait hal ini, Hasna menanggapi bahwa tingginya eksposur terhadap konten AI di media sosial membuat responden semakin familiar dengan teknologi ini.
“Meskipun sebagian masih ragu membedakan konten buatan AI, mayoritas tetap menganggapnya menarik,” terangnya.
Sebanyak 29% responden mengatakan mereka mengikuti influencer AI, yakni karakter virtual yang dibuat menggunakan AI. Spesifik pada influencer lokal, Arbie Seo mendapat perhatian dari responden yang lebih tua, sementara Thalasya Pov dan Chaya Gram dikenal oleh Gen Z.
Berapa rata-rata biaya berlangganan aplikasi AI? Dari mana para responden mendapat informasi seputar AI? Dapatkan hasilnya dengan data mendetail dalam laporan Jakpat “Understanding AI Usage Today” pada tautan berikut: https://insight.jakpat.net/understanding-ai-usage-today/.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post