PENASULTRAID, JAKARTA – Gen Z, yang sering disebut sebagai generasi muda, sebenarnya sudah mulai memasuki usia dewasa. Pada 2025, usia tertua Gen Z akan berusia 28 tahun. Generasi ini mulai memiliki penghasilan sendiri dan hidup mandiri.
Jakpat melakukan survei kepada 1.155 Gen Z yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memahami karakteristik dan perilaku mereka.
Gaya Hidup dan Kebiasaan Konsumsi
Pada waktu luang, Gen Z banyak menghabiskan waktu mereka dengan gadget, seperti menjelajahi media sosial (63%), menonton film (57%), mendengarkan musik atau podcast (55%), dan bermain gim (53%).
Media sosial yang paling populer di kalangan Gen Z adalah Instagram, TikTok, dan YouTube, yang cenderung lebih banyak digunakan oleh perempuan.
Sebanyak 49% Gen Z mengonsumsi makanan siap saji 1–2 kali dalam seminggu. Hampir setengah dari mereka juga mengonsumsi minuman manis 1–3 kali dalam sehari. Meski demikian, 42% Gen Z mengaku khawatir terhadap risiko penyakit diabetes.
Sebanyak 78% Gen Z mengonsumsi kopi, dengan waktu paling populer untuk meminumnya adalah antara pukul 18.00–21.00, sebagaimana diakui oleh 33% responden. Saat membeli kopi, faktor utama yang dipertimbangkan adalah harga (47%), rasa (46%), dan keamanan bagi lambung (34%).
Research Lead di Jakpat, Septiana Widi Sugiastuti mengungkapkan bahwa meskipun Gen Z berpendidikan tinggi dan sadar akan kualitas kopi, mereka tetap memperhatikan anggaran.
“Kopi telah menjadi social media statement bagi Gen Z. Banyak dari mereka yang masih duduk di bangku kuliah atau baru memulai karier, sehingga harga menjadi faktor penting,” ujar Septiana dalam keterangannya, Kamis 23 Januari 2025.
Discussion about this post