Sebanyak 78% Gen Z mengonsumsi kopi, dengan waktu paling populer untuk meminumnya adalah antara pukul 18.00–21.00, sebagaimana diakui oleh 33% responden. Saat membeli kopi, faktor utama yang dipertimbangkan adalah harga (47%), rasa (46%), dan keamanan bagi lambung (34%).
Research Lead di Jakpat, Septiana Widi Sugiastuti mengungkapkan bahwa meskipun Gen Z berpendidikan tinggi dan sadar akan kualitas kopi, mereka tetap memperhatikan anggaran.
“Kopi telah menjadi social media statement bagi Gen Z. Banyak dari mereka yang masih duduk di bangku kuliah atau baru memulai karier, sehingga harga menjadi faktor penting,” ujar Septiana dalam keterangannya, Kamis 23 Januari 2025.
Kesehatan Mental
Dari berbagai jenis gangguan mental, 3 dari 5 Gen Z mengaku sering mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba (mood swing). Lebih dari separuh Gen Z juga mengaku mengalami gangguan tidur, baik kesulitan tidur maupun tidur berlebih.
Alasan gangguan mental di kalangan Gen Z sangat beragam. Sebanyak 60% mengaku khawatir terhadap masa depan, sementara 57% merasa tertekan akibat masalah keuangan. Selain itu, 54% Gen Z yang telah memiliki anak mengaku stres karena kurangnya waktu untuk diri sendiri.
Discussion about this post