Brand Indonesia Summit tahun ini menghadirkan para narasumber ahli dari berbagai kalangan, termasuk akademisi dan praktisi, seperti Prof. Agus W. Soehadi Guru Besar Universitas Prasetya Mulya dan Arto Soebiantoro Brand Activist & Founder Gambaran Brand serta Tri Raharjo Chairman IBC.
Prof. Agus W. Soehadi melalui tema seminar “Strategies for Building a Strong National Brand” menyatakan, Indonesia merupakan pasar yang luar biasa bagi brand-brand luar, untuk menjadi brand lokal yang unggul brand harus memposisikan diri sebagai teman konsumen.
“Selain itu, sebagai orang lokal, kita tentunya memiliki pengetahuan lebih baik ketimbang brand-brand dari luar negeri, karena itu saat ini ada beberapa brand lokal yang mampu bersaing dengan brand luar,” jelasnya.
Sedangkan Arto Soebiantoro, dengan tema “Positioning, Differentiation and Branding As Keys to Market Domination” menyampaikan, dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif brand harus memiliki dua elemen penting, yaitu positioning dan differensiasi untuk dapat bersaing.
“Dengan positioning yang kuat menjadikan sebuah brand mampu bertahan di pasar yang begitu kuat, seperti brand mudah ditemukan, dan mudah diingat, sementara untuk differentiation sebuah brand harus mempunyai keunikan, sehingga sulit ditiru,” terangnya.
Discussion about this post