Sedangkan Arto Soebiantoro, dengan tema “Positioning, Differentiation and Branding As Keys to Market Domination” menyampaikan, dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif brand harus memiliki dua elemen penting, yaitu positioning dan differensiasi untuk dapat bersaing.
“Dengan positioning yang kuat menjadikan sebuah brand mampu bertahan di pasar yang begitu kuat, seperti brand mudah ditemukan, dan mudah diingat, sementara untuk differentiation sebuah brand harus mempunyai keunikan, sehingga sulit ditiru,” terangnya.
Narasumber selanjutnya, Tri Raharjo menyampaikan tema seminar “Strategic Partnerships: Driving Brand Success”. Berdasarkan paparannya, Tri mengungkapkan bahwa brand partnership adalah kolaborasi antara dua atau lebih brand yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis bersama, seperti meningkatkan kesadaran merek, memperluas jangkauan pasar, atau menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.
Tri juga membeberkan strategi pengembangan bisnis melalui berbagai bentuk brand partnership seperti co-branding, sponsorship, content partnership, licensing, franchising, distribution partnership dan integration partnershsip.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post