Kedua, Digital Brand Awereness Aspect, untuk mengukur tingkat intensitas dari suatu merek tampil di halaman internet, serta mengukur banyaknya pengguna internet yang mencari suatu merek melalui mesin pencari internet.
Ketiga, Digital Consumer Review & Rating Aspect, yang mengukur banyaknya ulasan dan penilaian (rating) yang diberikan konsumen atas transaksi produk melalui official online store brand di marketplace, serta mengukur tingkat kecepatan respon layanan pelanggan official store brand.
Tri Raharjo mengungkap, riset Brand Indonesia Excellence Index 2025 dilakukan terhadap 8.791 brand. Hasilnya terungkap ada 1,57 miliar akumulasi transaksi dengan rating penilaian konsumen rata-rata di 4,87 dari total review 748,8 juta ulasan konsumen. Sementara dari pengikut official store dari brand teriset mencapai 968,7 juta pengikut aktif.
“Jika dikategorikan setidaknya ada tujuh kategori produk, yakni; Food & Beverage, Fashion & Accesories, Health & Beauty, Electronic & Accessories, Perlengkapan Rumah, Ibu & Anak, terakhir kategori Otomotif, Olahraga dan Hobi,” ungkap Tri Raharjo.
Selanjutnya, peraih penghargaan Brand Indonesia Excellence Award 2025 dinilai telah memenuhi 3 kriteria penilaian yakni; brand terriset merupakan merek Indonesia yang statusnya didaftar dan tercatat pemilik kewarganegaraan Indonesia atau berbadan hukum Indonesia.
Brand terriset memiliki serta memasarkan produk melalui Official Online Store di Marketplace dengan total transaksi minimal 100.000 transaksi. Dan brand terriset meraih angka final skor minimal 80 poin berdasarkan hasil penilaian dan memiliki online customer rating minimal 4.5.
Adapun brand-brand peraih Brand Indonesia Excellence Award 2025 antara lain; Polini untuk kategori Fashion dan Accessories, Scarlet Racing untuk kategori Otomotif, Noera By Reisha untuk kategori Health & Beauty, HSD untuk kategori Food & Beverage, CuddleMe untuk kategori Ibu dan Anak.
Kemudian, In-Lite untuk kategori Electronic & Accessories, DAP untuk kategori Electronic dan Accessories, Brasov untuk kategori Health & Beauty, Momogi untuk kategori Food & Beverage, Montiss untuk kategori Perlengkapan Rumah, Scelta untuk kategori Fashion dan Accessories, dan No Void Minds untuk kategori Fashion & Accessories.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post