Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand 2024 kali ini adalah penyelenggaraan yang ke-32 kali. Ini membuktikan penghargaan ini diterima oleh brand-brand di Indonesia karena terbukti mampu meningkatkan brand image dan kepercayaan masyarakat terhadap brand pemenang.
“Ini juga merupakan sebuah penegasan atas pencapaian besar dari Brand-brand yang telah berhasil membangun awareness yang kuat dan mendominasi pangsa pasar digital. Kami pun meyakini, saat ini pemanfaatan teknologi digital menjadi kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis,” ujar Susi.
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus Chairman Indonesia Brand Community (IBC) mengatakan, untuk mengetahui jajaran brand pemenang di ranah digital, pihaknya melakukan riset Digital Popular Brand Index 2024 Fase 1 pada Desember-Februari 2024.
Berdasarkan riset tersebut, kata Tri, diketahui terdapat 10 kategori produk/layanan yang paling banyak diulas di internet berdasarkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2024, di mana smartphone diulas sebanyak 57,9 juta ulasan, motor 28,4 juta, online transportation 26,1 juta, minimarket 24,7 juta, micellar water 20,9 juta, printer 19,7 juta, lipstik 18,5 juta, laptop 17,6 juta, sepeda motor matic 15,4 juta, dan supermarket dengan 14,8 juta ulasan.
Sedangkan untuk 10 kategori produk/layanan yang paling banyak dicari oleh pengguna internet dalam rata-rata bulanan adalah marketplace dicari sebanyak 7,7 juta pencarian, minimarket 2,1 juta, gadget store 1,1 juta, resto fried chicken 1 juta, fashion store 698 ribu, low-cost carrier 598 ribu, coffeeshop local 596 ribu, supermarket 545 ribu, supermarket perabot rumah tangga 490 ribu, dan sepeda motor matic 440 ribu pencarian bulanan.
Discussion about this post