Hadirnya teknologi digital di tengah masyarakat telah merubah habit atau perilaku konsumen dalam mencari atau mendapatkan berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Sementara bagi pelaku bisnis, teknologi digital telah memudahkan sebuah brand untuk memperkenalkan produknya kepada calon konsumen.
Untuk melihat brand-brand yang berhasil memanfaatkan teknologi digital sehingga semakin populer dan unggul di ranah digital, TRAS N CO Indonesia melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang dilakukan pada Desember 2022–Februari 2023, terhadap 250 kategori produk, dengan lebih dari 1.500 brand terriset.
Riset mengacu pada tiga parameter penilaian, yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.
“Brand-brand dengan populer index yang tinggi, adalah brand yang unggul dan berada di posisi tiga peringkat teratas di kategori produk atau jasanya,” ujar Tri Raharjo.
Dari riset yang dilakukan, terungkap 10 kategori produk dan layanan yang banyak diulas di halaman internet berdasarkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2023 Fase-1 adalah; Marketplace sebanyak 107,3 juta ulasan, Sepeda Motor Matic (60,3 juta), Mobil MPV (46,4 juta), Motor (30,8 juta), Laptop (17,8 juta), Kredit Barang Elektronik (11,8 juta), Sepatu Running (11,5 juta), Listing Properti Online (10,7 juta), Restro Fried Chicken (7,1 juta), Low Cost Carrier (6,6 juta).
Berikutnya, 10 kategori produk dan layanan yang paling banyak dicari di halaman internet berdasarkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2023 Fase-1 adalah; Marketplace dengan 7,6 juta pencarian, Resto Fried Chicken (1,2 juta), Smartphone (666,2 ribu), Low Cost Carrier (537 ribu), Simcard Prabayar (428,5 ribu), Internet Banking (418,1 ribu), Helm (390,6 ribu), dan Online Transportation (330 ribu).
Dan 10 kategori produk dengan pengunjung website terbanyak berdasarkan hasil riset Digital Popular Brand Index 2023 Fase-1 adalah; Marketplace dengan 302,5 juta pengunjung, Internet Banking (145,2 juta), Low Cost Carrier (27,1 juta), Listing Properti online (26,1 juta), Simcard Prabayar (24,9 juta), Laptop (15 juta), Smartphone (9,9 juta), TV LED (9,9 juta), Mobil MPV (9 juta), dan Asuransi (2,8 juta).
Discussion about this post