PENASULTRA.ID, KENDARI – Era digital telah mengubah segalanya, batas jarak, ruang, dan waktu seolah runtuh di hadapan arus teknologi. Internet kini bukan lagi sekadar fasilitas tambahan tetapi juga kebutuhan mendasar manusia.
Inovasi digital memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh sebab itu perusahaan telekomunikasi ataupun operator jaringan terus memperkuat layanan guna menyesuaikan kebutuhan masyarakat saat ini.
PT Telkomsel misalnya, perusahaan telekomunikasi digital Indonesia ini telah mengahdirkan berbagai inovasi untuk memberikan layanan paripurna kepada pelanggan setia. Diantaranya jaringan 4G yang merata, adopsi 5G yang terus diperluas, layanan home broadband, Telkomsel Orbit, hingga berbagai solusi inovatif berbasis digital lainnya.
Sebagai operator seluler terbesar di Tanah Air, Telkomsel telah menjangkau lebih dari 97 persen populasi masyarakat Indonesia melalui jaringan 4G LTE. Dibeberapa kota-kota besar di Indonesia bahkan telah merasakan 5G Telkomsel sejak diluncurkan pada 2021 lalu.
Walaupun perluasan 5G belum menjangkau wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), namun Telkomsel terus berupaya memperluas cakupan 5G, khususnya di wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka).
Kemudahan jaringan Telkomsel turut dirasakan Randi, salah seorang pengguna Telkomsel di Kendari.
Randi yang tinggal jauh dengan orang tua selalu mengandalkan jaringan Telkomsel untuk berkomunikasi melalui telepon selulernya.
“Kalau mau tahu kabar tinggal video call atau panggilan video. Jaringan aman. Selain pakai kartu Telkomsel, saya juga pakai IndiHome,” kata Randi.
Menurut dia, pekerjaannya yang menyangkut aktivitas digital membutuhkan jaringan internet yang cepat tanpa hambatan, sehingga hal tersebut tidak mengganggu konsentrasinya dalam bekerja.
Dengan jaringan 4G Telkomsel yang stabil, tentu yang dirasakan bukan hanya kelancaran aktivitas pekerjaan secara digital, namun mempermudah dalam menikmati hiburan seperti streaming dan gaming.
Ia mengakui, menggunakan operator selular Telkomsel sejak pertama kali memakai telepon pintar. Hingga kini menurutnya belum pernah terjadi hal yang serius dalam jaringannya, bahkan saat ini cakupan 4G Telkomsel sangat bisa diandalkan.
Tak hanya kehandalan jaringan yang dihadirkan, Telkomsel juga menghadirkan beragam kanal layanan pelanggan sebagai wujud perhatian, dukungan, dan solusi terbaik kepada pelanggan setia.
Beragam kanal tersebut yakni GraPARI, Call Center, MyTelkomsel, Virtual Asisten, Mutra Telkomsel, dan USSD Menu Browser.
General Manager Customer Care Retention Telkomsel Area Pamasuka, Arief Hidayatus Sefian mengatakan, saat ini ada tiga layanan utama yang masih sangat aktif dimanfaatkan pengguna setia Telkomsel antara lain GraPARI, Call Center dan MyGraPARI.
Terdapat 458 GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia, 140 diantaranya berada di wilayah Pamasuka atau yang terbanyak dibanding wilayah lain.
Discussion about this post