<strong>PENASULTRA.ID, JAKARTA -</strong> Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggandeng Traveloka guna bekerja sama mengembangkan dan memperkuat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) melalui program-program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Kolaborasi ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini dengan Vice President of Public Policy and Government Relations and Sustainability Traveloka, Widyasari Listyowulan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Co-Founder Traveloka, Albert turut menyaksikan prosesi penandatanganan MoU yang berlangsung dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno", di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa 24 Januari 2023. Ruang lingkup kerja sama dengan Traveloka meliputi pelatihan digital untuk SDM Parekraf, promosi destinasi wisata, penguatan digitalisasi, hingga pendukungan penyelenggaraan kegiatan. Dengan melanjutkan kerja sama antara Kemenparekraf dan Traveloka yang sudah terjalin erat sejak 2018, Menparekraf Sandiaga optimistis capaian target di sektor parekraf, khususnya kunjungan wisman maupun pergerakan wisnus #DiIndonesiaAja dapat terpenuhi. Dimana 2023 ini, tambah Sandiaga, devisa pariwisata ditargetkan antara Rp 2,07-Rp 5,95 miliar dolar AS. Kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 3,5 juta-7,4 juta. Wisatawan nusantara sebesar 1,2-1,4 miliar pergerakan. "Tapi yang terpenting lapangan kerja baru kita ciptakan 4,4 juta hingga 2024," kata Sandiaga. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini mengungkapkan, kerja sama kali ini akan lebih fokus pada segmen pasar generasi Z. Dimana pascapandemi generasi Z dinilai agile dan adaptif yang membuat mereka dapat bekerja di destinasi mana saja dan kapan saja. "Ini adalah modal atau kesempatan untuk kita menggali, memanfaatkan, dan memberikan beragam informasi menarik (seputar parekraf), sehingga selain bekerja di mana aja, mereka bisa berwisata di mana aja. Jadi ini kerja sama yang bagus sekali dan baru kita lakukan dengan Traveloka," ungkap Made. Co-Founder Traveloka, Albert menjelaskan dalam mempromosikan destinasi wisata utamanya akan diperkuat pada lima destinasi pariwisata super prioritas. "Dan juga kita bisa mengembangkan event-event terutama event pada Kharisma Event Nusantara bisa dipromosikan lagi bukan cuma untuk dalam negeri tetapi untuk masyarakat global," ucap Albert. Sementara itu, Vice President of Public Policy and Government Relations and Sustainability Traveloka, Widyasari Listyowulan, mengaku pihaknya siap mendukung dan menyukseskan program-program Kemenparekraf/Baparekraf. "Tentu saja Ini bukan kerja sama yang terakhir, tapi kami harapkan kedepan akan lebih banyak kolaborasi bisa kita lakukan bersama," tukas Widyasari. <strong>Editor: Basisa</strong> <strong>Jangan lewatkan video populer:</strong> https://youtu.be/g2HqPMfwaQI
Discussion about this post