PENASULTRA.ID, TANGERANG – Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan klarifikasi terkait hilangnya kunci gembok koper salah satu penumpang pada penerbangan Nomor ID-7154, Selasa 11 April 2023 lalu.
Melalui keterangannya, Selasa 18 April 2023, Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan kronologis awal kejadian tersebut.
Selasa, 11 April 2023
· Pukul 12:13 WIB, Batik Air penerbangan nomor ID-7154 mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dari Singapura.
· Pukul 12:40 WIB, penumpang atas nama inisial BL melapor ke Lost and Found Terminal 2F bahwa kehilangan gembok koper.
· Pukul 12:45 WIB, dilakukan pengecekan isi koper secara teliti dan disaksikan bersama petugas. Menurut pengakuan tamu tersebut, tidak ada barang yang hilang dari koper.
· Pukul 20:00 WIB, melalui pesan singkat (WhatsApp) tamu dimaksud menyampaikan kehilangan satu handphone di dalam koper. Dalam hal ini, keluhan disampaikan setelah tamu meninggalkan bandar udara.
Kamis, 13 April 2023
· Pukul 17:00 WIB, tamu yang bersangkutan menyampaikan keluhan kehilangan satu handphone di dalam koper secara datang langsung di Lost and Found Terminal 2F Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
Senin, 17 April 2023
· Pukul 09:28 WIB, tamu dimaksud menyampaikan keluhan melalui pesan singkat (WhatsApp), bahwa kehilangan dua syal di dalam koper.
Dengan rangkaian peristiwa tersebut, Danang menekankan bahwa maskapai penerbangan hanya bertanggungjawab atas barang bawaan selama periode pengangkutan dari awal penerbangan sampai dengan barang bawaan diserahkan kepada tamu (sebutan penumpang) di bandar udara tujuan atau diterima oleh pihak yang berwenang di bandar udara tujuan.
“Setelah tamu meninggalkan bandar udara dan menerima bagasinya, maka tanggung jawab maskapai penerbangan atas bagasi tersebut berakhir,” tekan Danang.
Dengan demikian, kata Danang, keluhan tamu mengenai kehilangan atau kerusakan bagasi tercatat (keluhan bukan kategori barang berharga) yang disampaikan setelah tamu keluar bandar udara adalah tidak berlaku. Namun begitu, segala bentuk keluhan yang disampaikan oleh tamu dimaksud, Batik Air tetap melakukan proses penyelidikan (investigasi).
Discussion about this post