Hiburan lain yang bisa didapatkan dari smartphone adalah media sosial. Laporan Jakpat menunjukkan bahwa 36% dari pengguna mengakses media sosial agar tidak merasa tertinggal dari berita atau tren baru saat ini. Selain itu, tentu saja media sosial masih berperan dalam mempengaruhi perilaku konsumen, melalui konten iklan dan ulasan.
Instagram dinilai oleh 25% pengguna sebagai media sosial yang paling informatif. Sebanyak 34% pengguna juga merasa bahwa Instagram adalah media sosial yang paling cocok untuk
menemukan produk, jasa, atau katalog.
Trend yang Cenderung Berubah
Laporan Jakpat kali ini menunjukkan, bahwa tren penggunaan mobile entertainment dan media sosial cenderung menurun dari tahun sebelumnya.
Aska Primardi, Head of Research
Jakpat menegaskan, hampir semua media sosial mengalami penurunan jumlah pengguna. Seperti TikTok dan Twitter, angkanya cenderung stagnan dari tahun lalu. Hal yang sama juga terjadi pada OTT streaming platform.
“Masyarakat memang masih mengakses konten, namun ada indikasi bahwa mereka mengurangi jumlah platform yang mereka gunakan, atau memilih untuk fokus pada salah satu OTT streaming platform,” kata Aska dalam keterangannya, Rabu 6 September 2023.
Menurut Aska, ada pula kemungkinan bahwa kondisi ini dipengaruhi tren de-influencing, dimana influencer, atau dalam hal ini de-influencer, memberi saran untuk tidak menggunakan sebuah produk atau jasa.
Discussion about this post