Terdapat sedikit perubahan peringkat pada OTT. Netflix masih menjadi peringkat pertama dengan persentase 65%, angka ini naik 13% dibanding semester pertama 2023. Di posisi kedua ada Vidio dengan persentase yang sama seperti tahun lalu, yaitu 29%.
Disney+ Hotstar menurun dari 34% ke 24% dalam waktu setahun. Besar kemungkinan ini adalah imbas dari boikot produk/merek yang mendukung Israel dalam genosida Palestina. Seperti diketahui, Disney+ Hostars adalah bagian dari The Walt Disney Company yang memberikan donasi ke Israel sebanyak Rp31 miliar pada 2023.
Head of Research Jakpat, Aska Primardi, mengungkapkan bahwa platform OTT masih diminati oleh mayoritas masyarakat Indonesia.
Menurutnya, Netflix menjalankan strategi marketing yang pas di semester 1 ini dengan cara menumbuhkan dan mengembangkan konten lokal, seperti film 24 Jam Bersama Gaspar, film Monster, dan serial Nightmares and Daydreams.
“Tidak mengherankan jika Netflix tetap menjadi nomor 1, dan diikuti oleh Vidio yang sebelumnya juga sudah mengembangkan konten lokal. Sayangnya, langkah ini tidak diikuti Disney+ Hotstar, yang menjadi salah satu penyebab posisinya menurun saat ini,” tutur dia.
Instagram Dianggap Media Sosial Paling Informatif
Hiburan mobile lain yang tak kalah disenangi adalah media sosial. Survei Jakpat menunjukkan bahwa 1 dari 4 responden menilai Instagram dianggap sebagai media sosial paling informatif. Sementara, 42% responden menganggap TikTok sebagai media paling menghibur (entertaining).
Discussion about this post