PENASULTRA.ID, JAKARTA – Ancaman penipuan digital di Indonesia kian meresahkan. Data terbaru menunjukkan, setiap minggunya 65 persen masyarakat Indonesia menjadi target penipuan, mulai dari pesan pancingan (phishing) hingga tawaran kerja atau skema investasi palsu.
Menanggapi situasi ini, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui mereknya, IM3, meluncurkan fitur inovatif bernama SATSPAM (Satuan Anti Scam dan Spam) sebagai solusi perlindungan digital.
Di sepanjang area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di kawasan Thamrin, Jakarta, sebuah parade digelar pada Minggu 10 Agustus 2025. Ratusan masyarakat bersama para pimpinan Indosat menyemarakkan acara peluncuran SATSPAM.
Parade ini tidak hanya menjadi simbol, tetapi juga bagian dari kampanye #NomorModusNoMore, sebuah gerakan nyata dari IM3 untuk menghadirkan perlindungan digital yang inklusif dan mudah diakses.
Pada acara tersebut, IM3 menggandeng jurnalis senior Najwa Shihab untuk mengedukasi publik tentang bahaya scam dan spam.
Menurut Najwa Shihab, penipuan digital bukan sekadar gangguan, melainkan kejahatan modern yang mengeksploitasi kepercayaan dan memanfaatkan kelengahan masyarakat.
Ia menyoroti data yang menunjukkan 64 persen korban di Indonesia menerima gangguan melalui panggilan telepon atau pesan singkat, dengan kerugian finansial yang mencapai Rp476 miliar dalam kurun waktu tiga bulan (November 2024 hingga Januari 2025).
“Saya mendukung langkah IM3 menghadirkan SATSPAM, karena ini bukan hanya fitur baru, tetapi bentuk keberpihakan,” ujar Najawa.
Baginya, perlindungan digital harus mudah diakses agar rasa aman menjadi hak semua orang.
Berbeda dengan fitur keamanan lain yang sering kali memerlukan pengaturan manual atau aplikasi tambahan, SATSPAM bekerja secara otomatis dan terintegrasi langsung dalam jaringan IM3.
Saat pelanggan menggunakan layanan IM3 dengan paket data aktif, sistem ini secara real-time akan menyaring dan memberikan peringatan terhadap potensi penipuan melalui SMS maupun panggilan telepon dari nomor yang mencurigakan.
Dengan demikian, pelanggan dapat menghindari interaksi dengan nomor yang tidak dikenal.
Pengguna juga bisa berperan aktif dalam memperkuat sistem ini dengan melaporkan nomor mencurigakan melalui aplikasi myIM3.
Discussion about this post