PENASULTRAID, SURABAYA – QA Space, event outdoor art installation pertama di Surabaya berhasil terlaksana pada 11-13 Oktober 2024 di Fairway Nine Mall, Surabaya. Event pertama dari inticreative ini menyajikan proyek instalasi seni megah dengan konsep 3 zaman.
Pada saat memasuki lorong instalasi seni, pengunjung dimanjakan dengan instalasi kreatif dalam section past atau masa lalu. Pada section tersebut, pengunjung akan diajak bernostalgia melalui tren-tren media sosial di masa lalu seperti ‘Harlem Shake’ dan beragam tren media sosial lainnya.
Hal ini menjadi pengalaman yang unik karena, pengunjung bisa mengaitkan memori masa lalu melalui obyek media sosial tersebut. Selanjutnya pengunjung dibawa memasuki section present atau masa sekarang.
Pada section ini pengunjung disuguhkan dengan tren media sosial yang berdekatan dengan 2024. Kemudian perjalanan pada instalasi seni ditutup pada section future atau masa depan. Pada section ini, pengunjung diajak untuk berkontemplasi secara personal tentang apa hal-hal yang akan terjadi di masa depan.
Proyek instalasi seni ini pun mendapatkan komentar positif dari pengunjung yang datang. Angga, salah satu pengunjung juga menjelaskan ketertarikannya pada setiap section instalasi seni yang dikunjunginya.
“Pengalaman yang unik banget, sih. Karena aku jadi semakin relate dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di hidup aku di masa lalu lewat obyek tren media sosial yang ditampilkan. Karena memang banyak dalam hidup yang kita abadikan
lewat sosial media dan aku puas banget dengan art installation yang dipamerkan karena bisa bikin aku ingat detail-detail peristiwa masa lalu di hidup aku. Terus ada banyak hiburan lain kayak live music, tenant makanan dan juga fun activity yang bikin acara ini makin seru,” papar Angga.
Iin Ladjoni, CEO dari inticreative sebagai pihak penyelenggara sekaligus ketua pelaksana dari QA Space pun turut menjelaskan bagaimana awal mula konsep instalasi seni ini bisa terwujud.
“Awalnya, kami memang ingin mengembangkan proyek instalasi seni yang bisa membawa pengalaman personal untuk pengunjung yang datang. Akhirnya setelah brainstorm panjang dengan semua tim kami memilih konsep lini masa 3 periode ini dengan media sosial sebagai obyeknya,” kata dia dalam keterangannya, Rabu 16 Oktober 2024.
Discussion about this post