“Melalui tren ini kita dapat memahami keinginan dan minat konsumen untuk berwisata,” kata Menparekraf.
Dengan memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen saat berwisata, kita akan lebih mudah menawarkan produk-produk wisata. Sehingga akan memberikan dampak pada length of stay hingga spending yang dikeluarkan untuk belanja produk lokal.
Dengan begitu pertumbuhan ekonomi masyarakat melesat naik dan terciptanya lapangan kerja. Diantaranya dengan menghadirkan event-event berskala internasional seperti MotoGP.
“Flagship program seperti MotoGP di NTB khususnya di Lombok bisa menciptakan Rp5,4 triliun dampak ekonomi untuk masyarakat dan 30 ribu lapangan kerja,” kata Menparekraf.
Sementara dalam menuju pariwisata yang berkelanjutan, diperlukan perhatian khusus terhadap kelestarian lingkungan. Terutama perubahan iklim hingga keberlanjutan biota laut yang memang berdampingan dengan sektor pariwisata.
Discussion about this post