Selanjutnya adalah Kerja Cerdas. Masyarakat sedang dihadapkan pada situasi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), yakni situasi yang bergejolak, sangat penuh ketidakpastian, sangat kompleks, dan penuh dengan ambigu.
“Oleh karena itu kita harus bekerja cerdas, gunakan akal pikiran, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Jangan lupa iman dan taqwa. Kita juga kedepankan riset dan teknologi yang ada di depan kita seperti artificial intelligence, big data, kita gunakan tools-tools yang ada di Kemenparekraf,” kata Sandiaga.
Selanjutnya, kata Menparekraf, orang tidak akan pernah mencapai kesuksesan kalau bekerja setengah-setengah. Karenanya para CASN juga harus menjalankan kerja tuntas.
“Finish what you start. Jangan pernah selesai kita bekerja sebelum selesai tugas. Sama seperti pelari maraton, dia akan dianggap sukses kalau dia melintasi garis finis,” ujar Sandiaga.
Selanjutnya yang terakhir adalah kerja ikhlas. Etos kerja ini dikatakan Menparekraf merupakan etos yang paling sulit karena CASN bekerja untuk pemerintah yang penuh tantangan.
“Jadi yang terpilih di sini diberikan amanah harus betul-betul meningkatkan keikhlasan. Kita diberikan kesempatan untuk berbakti bagi NKRI, bagi Merah Putih, dan itu kebanggaan tersendiri. Mudah-mudahan dengan keikhlasan kita, perjuangan kita, Allah bukakan jalan agar kita mencapai kebangkitan ekonomi dan kepulihan sektor parekraf,” kata Sandiaga.
Selain itu Menparekraf menekankan para CASN juga harus mengusung semangat gerak cepat, gerak bersama, dan garap semua potensi lapangan kerja. Sehingga core values ASN “BerAKHLAK” yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo serta employer branding ASN yang “Bangga Melayani Bangsa” dapat terwujud. “BerAKHLAK” sendiri singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.
“Seperti kita ketahui pelaksanaan kebijakan publik, pelayanan publik adalah bagian dari perekat dan pemersatu bangsa dan ini merupakan tugas ASN. Pak Presiden sudah menyampaikan bahwa core values kita adalah berakhlak, dan employer branding kita adalah bangga melayani bangsa. Ini bukan hanya di mulut tapi harus ada di hati dan harus ada dalam keseharian kita,” kata Menparekraf Sandiaga.
Menparekraf Sandiaga juga menekankan agar para CASN untuk cepat beradaptasi. Memahami program-program unggulan yang dijalankan Kemenparekraf/ Baparekraf dalam upaya menggerakkan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja dengan menghadirkan program/kebijakan yang tepat manfaat, tepat sasaran, dan tepat waktu.
Discussion about this post