PENASULTRA.ID, JAKARTA – Olahraga tak melulu soal aktivitas fisik. Hal-hal seperti pakaian yang dikenakan, aplikasi penunjang yang digunakan, hingga komunitas yang diikuti; kini menjadi bahasan ketika berbicara soal berolahraga.
Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui preferensi pakaian olahraga dan kebiasaan pasca-olahraga. Laporan yang melibatkan 3934 responden Gen Z dan Milenial ini juga membahas tentang penggunaan aplikasi olahraga dan partisipasi dalam komunitas olahraga.
Memilih Pakaian Olahraga
Survei Jakpat menemukan bahwa 6 dari 10 orang menganggap pakaian olahraga penting. Beberapa apparel olahraga yang dianggap penting untuk digunakan adalah sepatu (86%), kaos kaki (48%), celana pendek (38%), jersey (34%), dan legging (33%). Lima barang ini juga cenderung dimiliki oleh sebagian besar responden.
Ada sejumlah pertimbangan dalam membeli pakaian olahraga. Harga terjangkau adalah alasan utama para responden dalam memilih pakaian olahraga yang ingin dibeli (67%). Pertimbangan lain adalah kualitas (60%) dan ketersediaan pakaian olahraga (34%), baik secara online maupun di toko.
Produk Lokal Lebih Disenangi
Produk lokal ternyata makin diminati. Tiga dari 4 responden mengaku menggunakan pakaian olahraga lokal. Sejumlah jenama domestik yang disukai adalah Specs (15%), Mills (7%), dan Eiger (5%).
“Dengan apresiasi terhadap produk dalam negeri, konsumen saat ini lebih menyukai brand sports apparel lokal seperti Specs, Eiger, dan Mills. Hal ini mengindikasikan bahwa merek lokal mampu memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau, namun tetap mempertahankan kualitas yang bersaing,” ujar Lead Researcher Jakpat, Farida Hasna dalam keterangannya, Senin 8 Juli 2024.
Meski demikian, 46% responden juga senang dengan produk olahraga internasional. Beberapa merek yang disenangi adalah Nike (47%), Adidas (34%), dan Puma (6%).
Gabung Komunitas & Mengikuti Influencer Lokal
Discussion about this post